A. Deskripsi Permasalahan yang dihadapi
Masalah yang dihadapi adalah kurangnya keaktifan peserta didik, tertutama dalam berbicara dan menulis. Peserta didik diminta untuk berpikir setelah melihat video pembelajaran, kemudian pesert didik diminta untuk berbicara atau presentasi tentang hal yang sudah dipikirkan, kemudian peserta didik diminta untuk bisa menuliskan gagasan yang sudah dipikirkan dan di presentasikan.
B. Akar Permasalahan
Permasalahan ini terjadi karena efek dari musim pandemi, dimana peserta didik harus belajar di rumah, dan tentunya peserta didik kurang mendapat pengalaman pembelajaran seperti berdiskusi, presentasi, bersosialisasi dengan Guru dan teman.
C. Alternatif Solusi
Berdasarkan masalah yang dihadapi maka saya sebagai Guru membuat metode pembelajaran yang dapat mengatasi masalah yaitu metode pembelajaran TTW (Think- Talk - Write)
Tahapan Metode TTW adalah
- Tahap pertama : Think: peserta didik diminta untuk berpikir tentang suatu masalah atau topik yang akan kita bahas.
- Tahap kedua : Talk : peserta didik diminta untuk menyampaikan atau mempresentasikan hasil berpikir terhadap maslaah tersebut.
- Tahap Ketiga : Write : peserta didik diminta untuk menuliskan solusi dari permasalahan tersebut.
D. Hasil Pemecahan Masalah
Setelah metode pembelajaran TTW di terapkan di kelas 12 IPA / IPS LM ternyata membuat peserta didik menjadi aktif, semua melaksanakan tahapan TTW dengan hati bahagia, dan materi Substansi Genetika lebih mudah untuk dihafalkan dengan metode pembelajaran TTW.