Lihat ke Halaman Asli

Blunder Kicauan Akun @OfficialLionAir

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14249569701108013715

[caption id="attachment_353087" align="aligncenter" width="420" caption="sumber : dokumen pribadi"][/caption]

Dalam beberapa hari terakhir pemberitaan tentang delay Lion Air mereda.  Saya tidak tahu apakah sama sekali tidak ada delay lagi.  Saya juga tidak tahu apakah penyelesaian kompensasi bagi mereka yang mengalami kerugian akibat delay sudah tuntas atau belum.

Walaupun pemberitaan tentang delay Lion Air mereda, namun ingatan publik rasanya masih cukup kuat.  Nah, di tengah ingatan yang masih kuat ini, saya terperanjat ketika membaca kicauan @OfficialLionAir yang tangkapan layarnya ada di atas.  Bunyi kicauan akun @OfficialLionAir adalah : Tweeps dalam penerbangan kalian pilih mana? Kena delay atau ngga pernah sampai [emoticon] selamat malam. Salam #LionAir

Saya rasa kicauan  seperti itu adalah blunder alias kesalahan yang tak perlu.  Ada dua kecorobohan terkait dengan kicauan ini.

Pertama, delay atau ngga pernah sampai bukan ranah pilihan penumpang.  Delay biasanya terjadi karena masalah cuaca atau manajemen yang kurang baik dari perusahaan penerbangan. Kedua hal ini di luar kendali apalagi pilihan penumpan.  Apalagi soal musibah seperti tak pernah sampai alias mengalami kecelakaan.  Siapa sih yang mau mengalaminya?

Kedua, apakah pilihan yang ada hanya delay atau ngga pernah sampai?  Tentu saja seharusnya tidak. Penumpang ingin tepat waktu dan selamat sampai tujuan.  Lalu, mengapa ada kicauan yang bunyinya seperti itu?  Dugaan saya admin akun @OfficialLionAir tersebut ingin beragumentasi bahwa delay itu tidak apa-apa sepanjang tiba di tujuan.  Delay satu-dua jam saja menimbulkan rasa tidak nyaman, apalagi yang terpaksa harus menginap?  Selamat tiba di tujuan sih, tapi banyak waktu dan energi yang terbuang secara sia-sia.

Nah, nampaknya memang banyak hal yang perlu dibenahi, termasuk komunikasi publik melalui akun @OfficialLionAir  Selamat berjuang.

Catatan Akhir : saya menemukan ada tiga akun atas nama LionAir yang ada di twitter, yang mana dihandle secara resmi oleh LionAir, publik membutuhkan kejelasan. Oleh karena itu judul saya revisi menjadi : Blunder Kicauan Akun @OfficialLionAir pada 20:55.  Semoga ada penjelasnn dari pihak LionAIr




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline