Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UPI 2022: Bermain Seraya Melatih dan Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini

Diperbarui: 8 Agustus 2022   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dewasa ini, banyak ditemukan kasus anak-anak yang terganggu dan terlambat perkembangannya karena kemampuan motorik yang kurang terasah. Ini akan mengakibatkan banyak efek samping pada anak, salah satunya dalam bidang psikologis. 

Anak-anak cenderung akan kurang pandai dalam melakukan sesuatu jika kemampuan motoriknya belum terasah dengan baik. 

Oleh karena itu, diperlukan peran orang tua dan lingkungan anak sebagai 'pendidikan pertama' untuk menjadi contoh dan wadah seorang anak berkembang.

Salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan motorik anak adalah dengan melatih anak untuk melakukan sesuatu secara mandiri. 

Dalam hal ini, dapat diaplikasikan sambil bermain dan belajar. Contoh paling mudahnya dapat dilakukan dengan anak mengambil benda dan meletakkannya kembali.

Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 Kelompok 140 Wilayah Jakarta Barat, melakukan program kerja pemanfaatan ruang terbuka dan bekerja sama dengan RPTRA Maya Asri di Kelurahan Palmerah untuk mengembangkan RPTRA Maya Asri sebagai tempat anak-anak usia dini untuk bermain dan belajar. 

Melalui program play and study, anak-anak mendapatkan wadah untuk bermain dan belajar serta mengembangkan potensi mereka.

Salah satunya adalah dengan pengembangan motorik, dengan cara meremas-remas kertas, bermain puzzle dan menempelkan stiker hewan ke kertas yang sudah disediakan. 

Dengan metode meremas-remas kertas, anak-anak diajari cara menekan, meremas serta memberikan tekanan pada benda yang ada di tangan mereka, mengumpulkan bola-bola kertas kemudian dihitung dan dimasukkan ke wadah besar.  

Selanjutnya, anak-anak bermain puzzle dan mereka diarahkan untuk menyebutkan nama objeknya. 

Lalu, menempelkan stiker hewan ke kertas yang sudah disediakan. Mereka diarahkan untuk saling berbagi dan bergantian saat melepaskan stiker dan menempelkannya ke kertas. Anak-anak juga diarahkan untuk menyebutkan nama-nama hewan yang ada dan ditirukan bunyi atau suara dari hewan-hewan tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline