Lihat ke Halaman Asli

Weni Sastika

Mahasiswa

Sosialisasi Pencegahan Bullying terhadap Siswa UPT SDN 20 Negeri Mangkai Lama

Diperbarui: 3 Agustus 2024   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama Siswa UPT SDN 20 Mangkai Lama/dokpri

Bullying (tindakan kekerasan) memiliki pengaruh secara jangka panjang dan jangka pendek terhadap korban bullying. Pengaruh jangka pendek yang ditimbulkan akibat perilaku bullying adalah depresi karena mengalami penindasan, menurunnya minat untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh guru, dan menurunnya minat untuk mengikuti kegiatan sekolah. Sedangkan akibat yang ditimbulkan dalam jangka panjang dari penindasan ini seperti mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan baik terhadap sesama maupun lawan jenis karena selalu memiliki kecemasan akan mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari teman-teman sebayanya.

Sebagai upaya mencegah tindakan bullying di sekolah, UPT SD Negeri 20 Desa Mangkai Lama, bersama Kakak - Kakak dari Universitas Negeri Islam Sumatera Utara melalui Program KKN mengadakan Sosialisasi Stop Bullying ke siswa-siswi UPT SD Negeri 20 Desa Mangkai Lama. Melalui kegiatan ini siswa diharapkan memahami bahaya bullying beserta dampaknya. Diharapkan juga semua warga sekolah turut berpartisipasi menciptakan sekolah yang aman dan nyaman serta bebas perundungan.

Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pencegahan bullying pada anak usia dini agar terciptanya lingkungan sekolah yang aman, mendukung, dan bebas dari perilaku bullying.Memilih anak anak sekolah dasar sebagai tatget sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman tentang bullying dan bagaimana cara menyikapinya pada saat masih anak anak guna mengantisipasi hal hal yang tidak dinginkan ketika sudah dewasa 

Materi yang disampaikan adalah pengertian bullying, jenis-jenis bullying, faktor terjadinya bullying, dampak bullying,dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk memastikan para siswa paham akan materi, para siswa dan siswi diberikan sebuah video edukasi yang di dalamnya membahas tentang Bullying dan juga siswa dan siswi diberikan pertanyaan terkait materi yang sudah dipaparkan dan memberikan apresiasi terhadap mereka yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Tim pengabdian juga mempraktekkan secara langsung bagaimana cara pencegahan tindak bullying dan cara menghadapi bullying ketika sudah terjadi.

Dengan sosialisasi ini diharapkan para siswa mampu memahami apaitu bullying dan bagaimana tindakan yang harus dilakukan agar tercipta lingkungan belajar yang aman dan damai bebas dari perilaku bullying,juga mengantisipasi agar tidak terjadi hal buruk kedepanya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline