Lihat ke Halaman Asli

Wening Winursita

Universitas Pendidikan Indonesia

Belajar Menulis dengan Data Bersama Jurnalisme Berkebangsaan

Diperbarui: 24 Juni 2023   13:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bulan Juni 2023, Jabar Digital Service mengadakan pelatihan Jurnalisme Berkebangsaan yang bekerja sama dengan Kognisi.id. Beruntung, saya bisa menjadi salah satu peserta pelatihan tersebut. Maka dari itu, izinkan saya berbagi pengalaman saya mengikuti pelatihan Jurnalisme Berkebangsaan

Pelatihan Jurnalisme Berkebangsaan JDSxKognisi.id yang bertemakan Jurnalisme Data, memfasilitasi pesertanya untuk berlatih menulis, khususnya dalam menulis dengan kaidah jurnalistik dan menggunakan data. Kenapa harus menggunakan data? karena penggunaan data dapat memperkuat tulisan sehingga dapat mencegah penyebaran berita bohong dan informasi yang tidak berdasarkan fakta. Sesuai dengan tujuan pelatihan Jurnalisme Berkebangsaan adalah menguatkan nilai-nilai etika dalam berkomunikasi dan menciptakan konten positif yang mendukung demokrasi dan penguatan nilai bangsa Indonesia.

Kami, para peserta, mendapat dua kelas dengan akses gratis yang tersedia di platform Kognisi.id dari tiga kelas yang ditawarkan. Kelas yang ditawarkan diantaranya topik bagaimana cara menulis seperti wartawan, membuat storytelling sesuai dengan kaidah jurnalistik untuk konten kreator dan menciptakan kreatif dan memperluas jangkauan bisnis melalui blog.

Saya mengambil kelas cara menulis seperti wartawan serta kelas menciptakan konten kreatif dan memperluas jangkauan bisnis melalui blog. Saya rasa kedua konten kelas tersebut dapat saling mengisi dimana saya belajar teknik kepenulisan jurnalistik dan cara menyebarkan luaskan tulisan yang telah dibuat.

Pembelajaran di kelas yang saya ikuti sangat komprehensif, lengkap sekali. Mulai dari wawasan umum hingga teknik-tekniknya pun dijelaskan. Materi disampaikan oleh pakar yang berpengalaman. Cara penyampaiannya pun cukup asik untuk didengarkan.

Selain mengikuti kelas yang ada di platform kognisi.id, ada juga pematerian secara langsung melalui zoom. Topik yang diangkat adalah pengolahan data untuk produk jurnalistik dan menciptakan berita berbasis fakta. Pembicaranya pun merupakan orang yang berkompeten di bidangnya, dimana pembicaranya seorang analis data di Jabar Digital Service dan wartawan Kompas. Sangat menarik dan mencerahkan!

Tidak hanya dibekali pengetahuan dan wawasan, peserta pun dituntut untuk menghasilkan tulisan berbasiskan data. Disini saya belajar banyak hal baru, karena sebelumnya belum pernah melakukan menulis tulisan jurnalistik dan mengolah data secara visual. Untuk tulisan yang saya buat saya publikasikan di instagram pribadi.


Saya rasa pelatihan ini sangat bermanfaat, semoga pelatihan seperti ini bisa terus diadakan lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline