Lihat ke Halaman Asli

Magang MBKM di Perusahaan Air Minum (PERUMDAM) Jember

Diperbarui: 18 Januari 2023   08:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu program yang dapat dilaksanakan untuk mendapatkan praktek dalam dunia kerja adalah dengan melaksanakan praktik magang. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah kerja praktik dengan mengikuti semua aktifitas di lokasi kerja. Proses praktik magang akan membuka suatu pemikiran baru dikarenakan teori yang didapatkan di jenjang Perguruan Tinggi akan diimplementasikan kedalam bentuk praktik di dunia kerja. Sehingga mahasiswa yang baru memulai dunia kerja akan dengan mudah beradaptasi.

Universitas Jember pada semester ini sedang memfokuskan para mahasiswa pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka khususnya di program magang MBKM di Fakultas Hukum. Fakultas memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan magang dengan harapan para mahasiswa dapat terjun secara langsung di dunia kerja agar para mahasiswa mendapatkan pengalaman baru dan menerapkan ilmu yang telah diterima pada saat kuliah di lingkungan magang agar mahasiswa dapat membuktikan secara langsung ilmu yang telah diberikanMagang MBKM merupakan salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diterapkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang menggunakan sistem penggantian matakuliah yang setara dengan 20 SKS yang difokuskan agar mahasiswa menerima sebuah pengalaman baru di dunia kerja dengan harapan mahasiswa dapat segera terjun kedunia lingkungan kerja setelah lulus. Dalam hal ini, penulis diberikan kesempatan oleh Fakultas untuk magang di Kantor Perumdam Tirta Pandalungan Jember, yang beralamat di Jl. Trunojoyo No.73, Kauman, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Perumdam sendiri merupakan perusahaan umum air minum milik daerah. Perumdam Tirta Pandalungan Jember sendiri memiliki visi yaitu “terwujudnya Layanan Air Minum yang berkualitas, handal, berkeadilan, dan berkelanjutan menuju masyarakat Kabupaten Jember yang sehat dan produktif”.

Dalam pelaksanaan program magang MBKM selama tiga bulan, hal tersebut merupakan salah satu jembatan dalam mempraktikan teori yang penulis telah dapat dibangku perkuliahan. Penulis diberikan kesempatan untuk bergabung pada divisi layanan pelanggan. Dalam hal ini penulis berkesempatan untuk memeriksa perjanjian kerjasama atau MoU antara pihak Perumdam dengan pihak kedua, lalu merekap serta mengolah data pelanggan, kemudian melakukan survey kepada pelanggan mengenai kepuasan layanan kantor, dan menerbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) atas beberapa hal yang berkaitan dengan percepatan pelayanan langganan. Selain itu, pada kesempatan tersebut kita juga ditugaskan pimpinan untuk melakukan peningkatan branding AMDK Hazora, dan memecahkan kasus yang terjadi di Perumdam Tirta Pandaungan Jember. Pelaksanaan magang kali ini sangat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa dan instansi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline