Lihat ke Halaman Asli

'iDos!' Rock n Roll ala Green Day

Diperbarui: 24 Juni 2015   20:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13535962201309453695

Tanggal 13 Nopember 2012 episode ke dua dari mahakarya trilogi Green Day telah rilis dan diberi judul iDos!. Dengan latar warna oranye dan foto Mike Dirnt (bassist Green Day) yang menjadi cover, album ini coba memperdengarkan musik rock n roll gaya Green Day kepada pendengarnya.

Sebagaimana kita ketahui dulu saat awal kemunculan Green Day, mereka memunculkan gaya musik yang identik dengan punk kepada para remaja saat itu yang sebagian besar belum mengenal musik punk. Mungkin hal ini yang melatarbelakangi keinginan Green Day untuk memperkenalkan musik Rock n Roll khususnya kepada para fans mereka.

Tentu banyak pro-kontra menyambut kelahiran album ini, tidak sedikit yang beranggapan Green Day terlalu melenceng jauh dari akar bermusiknya dan ada pula yang menyebutnya ini adalah album eksperimental dari Green Day yang acuh akan kondisi pasar. Apapun itu album ini layak untuk diapresiasi, bagaimana Green Day menyuguhkan sajian baru dalam perpustakaan album mereka.

Album yang dianggap oleh Billie Joe (vocalist Green Day) sebagai waktunya untuk berpesta ini diawali perlahan dengan aroma ballad dari See You Tonight. Di track kedua kita akan langsung dibuat bergila dengan unsur rock n roll yang kental dari Fuck Time. Kemudian dilanjut Stop When The Red Lights Flash yang dibuka dengan roll stroke dari Tre Cool (drummer Green Day) yang juga diwarnai dengan sound klasik dari line gitar.

Lazy Bones berada di urutan ketiga dengan beat santai dan tetap bergelora di bagian reffrein. Disusul Wild One yang berirama kalem dan berayun, Green Day kembali menghentak dengan Makeout Party yang masih dalam ranah rock n roll. Track keenam adalah single pertama di album ini yang telah dibuatkan music videonya, musik santai yang tidak menghilangkan unsur rock n roll-nya.

Ashley mengajak pendengar untuk sedikit berlari menikmati lagu ini, beat drum yang agak cepat dan melodi yang memekakan kuping berlari secara bersama-sama. Kembali dibawa tenang di lagu Baby Eyes yang tetap menunjukkan sound klasik dari part gitar. Lady Cobra menyambut di belakang dengan musik kencang khas rock n roll, setelah itu ada track yang jauh dari pandangan kita semua. Nightlife, lagu yang paling eksperimental di album ini, dengan menyajikan tempo layaknya RnB lengkap dengan Rapper cewek yang mengambil bagian di track itu.

Wow! That’s Loud kembali meluruskan jalan Green Day di album ini dengan tetap mengusung gaya bermusik rock n roll. Dilanjut track ketigabelas yang dipersembahkan khusus oleh Green Day untuk mendiang Amy Winehouse yang meninggal pada tahun 2011 silam. Diambil dari namanya, lagu ini berjudul Amy, musik yang jauh dari keramaian di mana hanya ada suara Billie Joe dengan gitar yang mengiringinya.

Total ada 13 track di album ini, berbeda dengan 2 album lainnya dalam trilogi yang berisikan 12 track. Untuk album episode berikutnya jadwal rilisnya akan dipercepat satu bulan, jadi nantikan Tre pada tanggal 11 Desember 2012 dan buktikan bagaimana bentuk musik Green Day selanjutnya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline