Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Raihan Treble Winners Liverpool

Diperbarui: 22 Desember 2019   08:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Klopp dan anak asuhnya merayakan juara Piala Dunia Antarklub FIFA/sumber foto dilansir dari Dailymail.co.uk)

Gol tunggal Roberto Firmino dimasa perpanjangan waktu babak pertama menjadi satu-satunya gol dalam laga final Piala Dunia Antarklub 2019 antara Liverpool (Inggris) kontra Flamengo (Brazil) dan sekaligus membawa Liverpool juara untuk pertama kalinya. Tiga final sebelumnya, Liverpool harus tertunduk lesu karena kalah dari wakil Amerika Latih yakni Flamengo (1981), Indipidiente (1984) dan Sao Paulo (2005).

Gelar yang bermakna lebih karena bukan saja mengakhiri 'kutukan' Liverpool selama ini diajang Piala Dunia antarklub tetapi juga memastikan Liverpool meraih treble winners di tahun 2019.

Treble Winners atau raihan tiga gelar dalam semusim menjadi akhir manis Liverpool musim 2018/19 setelah sebelumnya sukses meraih gelar level internasional yakni Liga Champions 2019, Piala Super Eropa 2019 dan dilengkapi dengan Piala Dunia antarklub FIFA 2019.

Inilah treble winners ketiga dalam sejarah perjalanan 127 tahun sejak Liverpool berdiri dan semakin keren karena Treble winners kali ini diraih dilevel internasional. Dua treble winners sebelumnya diraih dilevel domestik dan level internasional dan berikut catatan treble winners Liverpool dalam sejarah klub bermarkas di Anfield tersebut.

Musim 2018/19 -- LIGA CHAMPIONS, LIGA SUPER EROPA dan PIALA DUNIA Atarklub

Sukses mengalahkan Hotspur 2-0 dilaga final Liga Champions Eropa memastikan Liverpool meraih trofi Liga Champion dalam laga yang digelar distadion Wanda Metropolitan, Madrid.

Selanjutnya Hendo dkk sukses menjadi jawara Piala Super Eropa yang mempertemukan juara liga Champions dengan juara Liga Eurpa, Chelsea lewat drama adu pinalti 2-2(5-4). Dan Piala Dunia antarklub 2019 menjadi trofi pamungkas yang diraih Liverpool usai menaklukkan Flamengo 1-0.

Musim 2000/01 -- PIALA UEFA, Piala FA dan Piala Liga

Musim 2000/01, Liverpool yang dilatih Gerrard Houllier mampu meraih hasil manis dengan taihan treble winners usai menjadi juara dikompetisi yang diikuti. Diawal dengan keberhasilan Steven Gerrard dan kawan-kawan kalan menjadi juara Piala Liga usai mengalahkan Birmingham lewat adu pinalti. Selanjutnya dibulan Mei, Liverpool sukses meraih gelar Piala FA dengan menaklukkan Arsenal 2-1 dipartai final lewat dua gol Michael Owen.

Seakan tidak cukup dengan raihan dua gelar sebelumnya, Liverpool mempertontonkan kualitas mental saat terlibat laga seru dan menegangkan di final Piala UEFA 2001 kontra Alaves (Spanyol). Liverpool unggul 3-1 dibabak pertama namun ALaves sukses menyeimbangkan laga 4-4 diwaktu normal.

Namun gol bunuh diri Delfi Geli (menit ke-117) membawa Liverpool menang 5-4 dan mengunci laga untuk meraih trofi Piala UEFA sekaligus treble winners musim 2001.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline