Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Kontroversi Undian SEA Games 2017 Akhirnya Terjawab

Diperbarui: 6 Juli 2017   07:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kontroversi undian sepakbola Sea Games ke-29 2017 di Malaysia akhirnya terjawab sudah,usai dewan sepakbola ASEAN (AFF) memutuskan aturan main drawing sepakbola fase grup Sea Games 2017.Malaysia selaku tuan rumah sebelumnya meminta hak istimewa dalam soal drawing yakni bebas memilih calon lawan difase grup,permintaan yang membuat beberapa anggota AFF termasuk PSSI keberatan dan meminta MASOC (Organization Commite Malaysia untuk Sea Games) mengambil keputusan.

Permintaan Malaysia terkait drawing pun membawa penulis untuk larut didalamnya dengan menulis artikel tentang kontroversi tersebut seminggu yang lalu atau 28 juni dengan judul artikel 'Kontroversi Malaysia di sepakbola Sea Games 2017'.Dan tidak lupa juga penulis menawarkan dua opsi terkait dengan drawing fase grup sepakbola Sea Games 2017 yakni berdasarkan prestasi Sea Games 2015 Singapura dan berdasarkan ranking FIFA bulan Juni 2017. 

Opsi unggulan diluar Malaysia sebagai tuan rumah adalah mengacu pada prestasi di Sea Games sebelumnya atau mengacu pada ranking FIFA bulan sebelum drawing dilansungkan. Dan ini daftar unggulan drawing sepakbola Sea Games 2017 versi dua opsi diatas. 

Berdasarkan prestasi Sea Games 2015:
- Unggulan Pertama: Malaysia, Thailand
- Unggulan kedua: Vietnam, Myanmar
- Unggulan ketiga: INDONESIA, Singapura
- Unggulan keempat: Laos, Kamboja
- Unggulam kelima: Timor Leste, Filipina
- Unggulan keenam: Brunei Darussalam
 

Kontroversi Malaysia di Sepak Bola Sea Games 2017

Dewan AFF pun bergerak cepat dengan menggelar pertemuan dengan perwakilan Asosiasi sepakbola dikawasan ASEAN pada awal Juli ini.Setelah melalui diskusi alot akhirnya AFF memutuskan prosedur drawing Sea Games 2017 yang mengacu sebagaimana penulis tawarkan diartikel kompasiana diatas yakni berdasarkan prestasi Sea Games 2015 dalam menentukan posisi negara peserta dalam undian.Indonesia sebagaimana artikel diatas dan keputusan AFF menempati unggulan ketiga.

AFF membagi sepakbola Sea Games 2017 fase grup dalam dua grup dimana grup B ditempati enam negara sedangkan grup A dengan lima (jumlah negara ASEAN memang 11 negara).Malaysia selaku tuan rumah berada digrup A sedangkan Thailand, juara bertahan Sea Games 2015 berada digrup B. Lalu ada Myanmar dan Vietnam yang menempati posisi unggulan kedua serta Brunei Darussalam menempati unggulan terbawah. 

"Prosedur undian ini sama dengan penyelenggaraan SEA Games sebelumnya.Jadi tidak ada lagi kekhawatiran mengenai undian sepak bola.Kami berharap sepak bola SEA Games 2017,14-29 Agustus, berlangsung sportif," kata Sekjen FAM,Hamidin Amin.

 Berikut daftar lengkap unggulan dicabor sepakbola Sea Games 2017 Malaysia yang akan diundi pada 8 Juli 2017 mendatang :
Grup A (Malaysia) dan Grup B (Thailand)
Unggulan pertama          : Myanmar, Vietnam
Unggulan kedua : Indonesia, Singapura
Unggulan ketiga : Kamboja, Laos, Filipina, Timor Leste, Brunei.

Kalaupun nanti Timnas harus berjumpa Malaysia difase grup,Timnas sudah memiliki gambaran kekuatan anak asuh Datuk Ong Kim Swee karena kedua tim akan saling bertempur kala berjumpa dikualifikasi Piala Asia U23 2017 di Thailand (19 Juli) mendatang.Sebuah kesempatan emas untuk Luis Milla dalam menilai kemampuan anak asuhnya,apalagi dilaga terakhir Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand yang berpotensi juga dihadapi jika drawing menempatkan mereka digrup B.  

Apapun nanti hasil drawing Sea Games 2017 Malaysia cabor sepakbola, Timnas U22 asuhan Luis Milla tetap harus fokus dengan program yang telah dibuat agar mampu berprestasi di Sea Games 2017 sekaligus membungkam Malaysia dikandang mereka (jika bertemu tentunya).

#SeaGames2017Malaysia 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline