Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Malaysia Lolos dari Lubang Jarum, Timor Leste Lakoni Play Off PPA 2019

Diperbarui: 8 Juni 2016   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Usai mencetak gol laga kontra Timor Leste (sumber : fourfourtwo"][/caption]

Ditengah gegap gempitanya gelaranan Copa America Centenario 2016 di Amerika Serikat yang spesial karena memperingati 100 tahun Copa America. Sepakbola kawasan lain pun tetap menggeliat dan bergelora mulai dari Piala Eropa 2016 yang akan berlangsung akhir pekan ini hingga ke kawasan Asia (AFC) yang menggelar laga kualifikasi Pra Piala Asia untuk menentukan delapan tiket sisa fase grup Kualifikasi Piala Asia 2019.

12 negara telah memastikan tiket lolos ke UEA yang menjadi tuan rumah Piala Asia 2019 dan sisa 12 negara lagi akan diperebutkan negara-negara yang tidak lolos ke babak ketiga Pra Piala Dunia 2018 Rusia zona Asia. Selain itu negara-negara yang memiliki ranking terendah harus saling mengalahkan difase play off Pra Piala Asia 2019 termasuk didalamnya Malaysia dan Timor Leste yang bersama Kamboja dan Laos menjadi wakil ASEAN tersisa yang memperebutkan asa tampil di fase grup PPA 2019.

Malaysia akhirnya sukses lolos ke babak fase grup PPA 2019 usai membekap Timor Leste dalam laga home and away dengan skor sama 3-0. Dalam laga leg kedua distadion Nasional, Dilli tersebut (7/6) anak asuh Ong Kim Swee berhasil menundukkan ‘saudara muda’ Indonesia tersebut lewat gol yang dicetak Khair Jones, Ahmad Hazwan dan Chanturu Suppiah. Sekaligus memantapkan keunggulan aggregat 6-0 Malaysia atas Timor Leste.

“Adalah bagus kita berhasil menang tetapi kami tidak bermain sempurna. Langkah pertama yang akan kami lakukan adalah memperbaiki kesalahan yang terjadi dibabak pertama dan melakukan perbaikan dimasa datang,” ungkap Ong Kim Swee yang akan membawa anak asuhnya dalam Tur Oceania akhir bulan ini.

Malaysia menyusul negara-negara lainnya yang telah lolos ke fase grup PPA 2019 UEA bersama lima negara dari fase play off yang digelar 3 dan 6 Juni yakni Tajikistan, Kamboja, Yaman dan India. Berikut hasil babak play off PPA 2019 UEA (7/6) :
1. Malaysia vs Timor Leste 3-0 (Malaysia lolos dengan aggregat 6-0)
2. Tajikistan vs Bangladesh 1-0 (Tajikistan lolos dengan aggregat 6-0)
3. Kamboja vs Cina Taipeh 2-0 (Kamboja lolos dengan aggregat 4-2)
4. India vs Laos 6-1 (India lolos dengan aggregat 7-1)
5. Yaman vs Maladewa 2-0 (Yaman lolos dengan aggregat 4-0).

“Saya bangga dengan para pemain karena banyak dari mereka masih berusia 23,24 tahun,” ujar Fabio Maciel, pelatih Timor Leste yang juga menganggap liga Malaysia kuat dan pemainnya bagus-bagus.

Timor Leste walau kalah masih bisa lolos kefase grup PPA 2019 asal mampu menang dibabak play off akhir yang akan digelar September mendatang dengan format kandang dan tandang. Negara-negara yang kalah diplay off kemarin plus Bhutan akan saling mengalahkan demi tiket babak ketiga Pra Piala Asia 2019 UEA. Dan berikut jadwal babak play off akhir Pra Piala Asia 2019 (6 September dan 11 Oktober) :
1. Timor Leste vs Cina Taipeh
2. Maladewa vs Laos
3. Bangladesh vs Bhutan

Lalu bagaimana dengan Timnas Indonesia ? Timnas hanya akan melakoni turnamen level ASEAN saja atau Piala AFF 2016 akhir tahun ini dan PSSI masih memiliki hutang terkait pelatih kepala Timnas Indonesia diajang dua tahunan tersebut. Untuk turnamen berlevel Asia (Piala Asia) maupun Piala Dunia masih harus menunggu hingga 2019 mendatang.

#MenantiTimnasBerlaga

Salam Sepakbola,
Wefi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline