Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Kisah Si Obed serta Sisi Lain Kompetisi Bola Indonesia

Diperbarui: 23 April 2016   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sebagai bentuk tunggakan gaji (sumber : bbc)"][/caption]

Siapa sich Obed ? Orang Indonesia dia ? Apa profesinya ? Nama lengkapnya Rhema Obed, dia adalah pemain bola asal Inggris yang dibesarkan diakademi Arsenal seangkatan dengan Jack Wilshere. Namanya mengemuka diakhir pekan ini dimedia Inggris khususnya BBC terkait soal haknya yang memang belum dibayarkan oleh klub sekarang di yang bermain dikompetisi sepakbola Rumania, Rapid Bucharest.

Obed bersama 300 pemain lainnya yang terikat dengan 14 klub yang bangkrut di kompetisi sepakbola Rumania kini bersiap untuk bebas dan memiliki kekuatan hukum untuk memperjuangkan haknya dari apa yang disebut dengan ‘Perbudakan di Sepakbola’ sebagaimana yang diangkar BBC.Usaha tak kenal lelah dilakukan para pemain dan juga AFAN (Asosiasi Pemain Bola Rumania) dan terakhir adalah boikot laga pertandingan yang dilakukan klub Metalul Resita, klub Divisi  2 Rumania. 

"Saya baru saja tiba untuk pra-musim ramah, tapi rekan-rekan yang mogok dan mengatakan mereka tidak akan bermain sampai mereka dibayar. Selama tiga bulan pertama, saya menunda sewa saya dan menggunakan tabungan saya dan upah pacar saya. Saya juga harus memanggil keluarga kembali ke rumah. Itu agak memalukan, menjadi pemain sepak bola, tapi itu kenyataan. Saya mendapatkan makanan dari seorang ibu rekan setimnya itu,” kenang Obed. 

https://www.youtube.com/watch?v=BYhstMXY_iM

Obed sendiri belum dibayarkan gajinya sebersar 40 ribu pouns sterling yang merupakan akumulasi 7 bulan gajinya di Rapid Bucharest. Status Obed sendiri dibekukan oleh klubnya setelah dia membawa kasusnya ke FIFA dan memenangkan gugatannya pada Oktober 2014 silam. Dan kasus terbaru adalah yang menimpa klub Metalul Resita yang belum membayar gaji pemainnya dalam lima bulan terakhir.       

"Pemain menjadi budak di sana. Saya sedikit berbeda karena saya adalah pemain asing dan saya tidak harus menghormati hukum bahwa meskipun mereka ingin saya. Saya memiliki surat dari klub mengatakan saya berutang mereka uang karena aku meninggalkan mereka ketika mereka memaksa saya keluar tapi Untuk pemain lokal, itu pada dasarnya perbudakan modern." Ungkap Obed yang keluar dari Arsenal saat 18 tahun.       

Ingat Rumania jadi ingat pemain muda potensial yang pernah juga masuk dalam seleksi Timnas U-19 Indonesia asuhan Indra Sjafrie, Gavin Kwan Adsit. Kebetulan Gavin pernah juga dikontrak oleh klub CFR Cluj Reserves yang bermain di kompetisi sepakbola Rumania beberapa tahun lalu bersama beberapa pemain internasional lainnya.

Nasib Obed bisa jadi ‘sedikit beruntung’ dibandingkan misalnya dengan beberapa pemain asing yang merumput dikompetisi sepakbola Indonesia. Dalam perjalanan lima tahun terakhir tercatat 16 pemain asing mengadukan permasalahan gaji yang mereka alami ke DRC FIFA hingga akhirnya ada beberapa yang berhasil memenangkan gugatannya. Namun ada juga yang tidak beruntung hingga akhirnya harus meninggal dunia di Indonesia yakni Salomon Belgoundo dan Diego Mendieta.

“Terimakasih atas bantuan kalian, terutama Mustain. Saya kapok bermain di Indonesia,” kata Moukwelle Ebanga Silvain pada Februari 2013 silam soal usahanya memperjuangkan hak diklub yang mengontraknya, Persewangi Banyuwangi dengan dibantu oleh seorang suporter Persewangi, Ahmad Mustain sebelum akhirnya mendapat bantuan dari Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

http://m.liputan6.com/bola/read/2061357/cerita-getir-pemain-asing-di-indonesia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline