Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Pra Piala Dunia 2018: Malaysia Kudeta Timor Leste Diposisi Buncit Grup A, Thailand belum Terkalahkan

Diperbarui: 14 Oktober 2015   07:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Bungkam Vietnam 3-0, Thailand kokoh dipuncak grup F/ sumber : thannianhnews)

Mendekati laga pamungkas fase grup Pra Piala Dunia 2018 Rusia zona Asia tensi pertandingan kian memanas, utamanya bagi negara ASEAN diluar Indonesia yang walau berat untuk lolos kebabak ketiga zona Asia namun lolos ke putaran final Piala Asia 2019 UEA menjadi sesuatu yang harus diperjuangkan dilaga keempat dan kelima wakil ASEAN.

Timnas Indonesia tetap setia melihat dari kejauhan akibat sanksi yang dijatuhkan FIFA bulai Mei lalu utamanya persaingan digrup F antara Thailand, Vietnam dengan Irak. Sedangkan kepentingan dengan Malaysia dan Timor Leste berkaitan dengan posisi Indonesia diranking FIFA setiap bulannya, jika salah satu ada yang kalah membuat Indonesia tidak terlampau jauh tercecer diranking FIFA bulan depan.

Laga seru terjadi digrup F yang seharusnya Timnas Indonesia berada, saat Vietnam menjamu Thailand distadion My Dinh, Vietnam dilaga keempat grup F.Pemenang laga ini berpeluang melaju ke Piala Asia 2019 dan lolos dari grup F asal mampu menang atas Irak dilaga sulit grup yang juga dihuni China Taipeh dan berikut jadwal lanjutan PPA 2018 Rusia :
- grup A : Timor Leste vs Malaysia dan Arab Saudi vs UEA
- grup B : Kyrgizstan vs Bangladesh dan Yordania vs Tajikistan
- grup C : Bhutan vs Hongkong dan Qatar vs Maladewa
- grup D : Turkmenistan vs Guam dan Oman vs India
- grup E : Singapura vs Kamboja dan Suriah vs Afghanistan
- grup F : Vietnam vs Thailand
- grup G : Myanmar vs Laos dan Kuwait vs Lebanon
- grup H : Korea Utara vs Yaman dan Bahrain vs Filipina

Let’s start check the result !

Grup A, Malaysia Geser Timor Leste diposisi Juru Kunci
Stadion Nasional, Dilli sepertinya belum menjadi tempat yang bersahabat bagi Timor Leste. Kemenangan belum juga dipetik olah anak asuh Fernando Alcantara dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia zona Asia. Didua laga sebelumnya dimarkas sendiri, Timor Leste takluk 0-1 dari UEA dan bermain imbang 1-1 dengan Palestina yang membuat mereka baru mengoleksi 2 poin dari 4 laga yang telah dilalui.

Dilaga sore tadi, Timor Leste harus mengakui keunggulan Malaysia yang kini mendapat sorotan dinegaranya usai kekalahan memalukan 0-10 dari UEA. Gol Amri Yahya dimenit ke-10 sudah cukup mengunci kemenangan tipis 1-0 Malaysia atas Timor Leste, padahal dilaga perdana distadion Bukit Jalil, Timor Leste mampu menahan imbang Malaysia 1-1. Laga selanjutnya giliran Timor Leste dan Malaysia melancong ke jazirah Arab tempat yang menjadikan mereka lading gol, yakni ke markas UEA dan Palestina (12/11) mendatang.

Grup E, Singapura terlalu tangguh bagi Kamboja
Singapura menjamu Kamboja bermodalkan kemenangann 1-0 atas Afghanistan dilaga sebelum ditempat yang sama, stadion Nasional. Sedang Kamboja bertekad mencuri poin usai dicukur Suriah 0-6 dilaga sebelumnya. Namun Singapura ternyata masih terlalu tangguh bagi Kamboja yang pernah mempersulit Jepang dikandanganya.

Muhammad Faris Ramli membawa Singapura unggul 1-0 saat laga berjalan 16 menit, Singapura terus mencoba menyerang pertahanan Kamboja yang dijaga Um Sereyroth namun usaha anak asuh Bern Stange baru membuahkan hasil dimenit ke-47 saat pemain pengganti Fazrul Nawaz membawa Singapura unggul 2-0 atas tim tamu. Dibabak kedua justru Kamboja mampu memperkecil ketinggal menjadi 1-2 lewat aksi Sos Souhana.

Grup F, Thailand terlalu tangguh bagi Vietnam
Kedua tim baik Thailand dan Vietnam bersua dengan kondisi raihan imbang dilaga sebelumnya kontra tim kuat grup, Irak. Laga distadion My Dinh menjadi pembuktian racikan siapa yang paling kuat antara Toshiya Miura dengan Kiatisak Senamuang demi poin penting dilaga malam mini.

Thailand yang unggul 1-0 dipertemuan pertama di Bangkok mampu keluar dari tekanan permainan Le Chong Vinh dkk yang didukung suporter fanatiknya. Hasilnya setengah jam laga berjalan, gelandang Chonburi, K Thaweekarn membawa Thailand unggul 1-0 yang bertahan hingga babak pertama usai.
Dibabak kedua Thailand menjauh 2-0 usai bek Vietnam, Dinh Tien Thanh melakukan gol bunuh diri (56’) dan lima belas menit kemudia giliran bek Theerathon Bunmathan membuat Thailand unggul 3-0 (71’) yang bertahan hingga laga usai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline