Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

BePe, 5 Besar Pemain dengan Caps Terbanyak Timnas di ASEAN / Australia

Diperbarui: 22 September 2015   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Artikel ini hanyalah men-summary beberapa data yang ada terkait kiprah pemain bersama Timnas khususnya dinegara kawasan ASEAN dan Australia, mumpung sepakbola nasional masih diselimuti awan abu-abu akibat konflik Menpora RI dengan Pengurus PSSI. Mumpung juga Indonesia tidak ikut serta dalam turnamen internasional seperti PPD 2018 Rusia, sehingga summary ini sekaligus sebagai gambaran posisi pemain Indonesia dibanding negara ASEAN dan Australia yang memang sudah bergabung dengan AFF.

Jumlah laga bersama Timnas merupakan catatan yang coba penulis rangkum dari Timnas yang ada di zona AFF. Mulai dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura hingga Australia. Juga tercatat torehan golnya dan status mereka apakah masih aktif atau sudah memutuskan pensiun dari Timnas karena faktor ‘U’ dan juga karena ingin memberikan kesempatan kepada pemain muda dinegaranya untuk bisa berkiprah bersama Timnas.

Turnamen yang diikuti oleh negara-negara dikawasan ASEAN lumayan banyak mulai dari Piala AFF (dua tahun sekali), Piala Asia termasuk Kualifikasinya (empat tahunan), Piala Dunia termasuk kualifikasinya (empat tahunan) hingga laga internasional yang masuk dalam kalender FIFA. Semua laga itu masuk dalam catatan kiprah pemain bersama Timnas dalam rangka membela negaranya dikancah internasional.

Dari Indonesia, sosok Bambang Pamungkas muncul ke permukaan dengan torehan 85 laga dan mencetak 37 gol. Catatan ini menjadikannya sebagai pemain dengan caps dan torehan gol terbanyak bagi Timnas Indonesia yang merupakan catatannya selama berkarir di Timnas sejak 1999 dan mengikuti empat PPD yakni 2002, 2006, 2010 dan 2014. Dibawah BePe ada gelandang Persib Bandung, Firman Utina yang mencatatkan 65 laga bersama Timnas dengan torehan 5 gol.

Sedangkan dari Australia, sosok mantan kiper Timnas yakni Mark Schwarzer tercatat sebagai pemain dengan jumlah laga terbanyak bersama Australia yakni 109 laga. Disusul sosok gelandang Shanghai Greenland Shenhua FC, Tim Cahill yang masih terus dipercaya pelatih Ange Postecoglou diskuatnya. Dilaga terakhir PPD 2018 Rusia kontra Tajikistan eks pemain Everton tersebut mencetak dua gol bagi kemenangan 3-0 untuk Australia, dengan torehannya itu maka Tim Chaill tercatat sebagai top skot Australia dengan 41 gol dari 85 laga. 

Di Malaysia, rekor penampilan terbanyak di Timnas dipegang oleh Soh Chin Aun (152 laga) sedang rekor top skor dipegang Dollah Salleh (48 gol). Untuk kekinian utamanya pemain yang masih aktif di Timnas maka nama eks striker Pelita Jaya, Safee Sali berada terdepan dengan 70 laga plus 23 gol. Diikuti Safiq Rahim (64 laga/ 14 gol) dan Aidil Zafuan Radzak (62 laga/ 3 gol), ketiga pemain tersebut berasal dari klub yang sama Johor Darul Takzim (Malaysia).

Bagaimana dengan pemegang juara Piala AFF terbanyak, Singapura yang rekor top skor masih dipegang Fandi Ahmad (55 gol) ? Kapten Singapura, Shahril Ishak tercatat sebagai pemain dengan caps terbanyak 129 laga. Diusia yang masih 31 tahun, dia berpeluang untuk terus menambah capsnya untuk mendekati catatan Kiatisak Senamuang (Thailand). Dibawah Shahril Ishak ada Khairul Amri (99 laga/ 28 gol) dan Fazrul Nawaz (74 laga/ 8 gol).

Juara Piala AFF 2014, Thailand menyetor nama Kiatisuk Senamuang sebagai pemegang rekor caps dan jumlah gol yakni 131 laga dengan 70 gol. Pemain Thailand yang kini menjadi anak asuhnya yang mendekati catatannya adalah Datsakorn Thonglao dengan 98 laga 12 gol, Sinthaweechai Hathairattanakool atau sering dikenal dengan Kosin, eks kiper Persib Bandung(80 laga) dan striker Teerasil Dangda (67 laga/ 32 gol).

Sedang nama besar lainnya dari Vietnam muncul sosok gelandang senior Nguyen Minh Phuong yang bermain diklub SHB Da Nang dengan torehan 73 laga dan 12 gol. Disusul striker berpengalaman Le Cong Vinh yang mencatat 68 laga dan 39 gol dan Phan Thanh Luong dengan 61 laga/ 6 gol. Dari Filipina muncul sosok kapten yang bermain gemilang di Piala AFF 2010 dan 2012, Phil Younghusband dengan 71 laga plus 42 gol.

Berikut daftar 12 pemain dengan caps terbanyak di Timnas hingga September ’15 :

Shahril Ishaq (Singapura)       : 129 laga / 12 gol

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline