Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Timnas Malaysia Kepincut Pemain Naturalisasi

Diperbarui: 11 Agustus 2015   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(spanduk penolakan pemain naturalisaso oleh suporter malaysia / sumber : fourfourtwo)

Dua hasil minor yang diraih Malaysia di Pra Piala Dunia (PPD) 2018 Rusia grup E zona Asia yakni imbang 1-1 dengan Timor Leste serta kalah 0-6 dari Palestina membuat pelatih Dollah Saleh dalam tekanan. Apalagi kedua laga dilangsungkan dikandang mereka, stadion Bukit Jalil. Dilaga sisa fase grup mau tidak mau juara Piala AFF 2010 tersebut harus mampu meraih hasil maksimal.

 

Inilah yang menjadi peer berat seorang Dollah Saleh, walau dilaga Malaysia XI mampu mengimbangi Liverpool 1-1 dalam laga pra musim. Namun Malaysia XI diperkuat oleh lima pemain asing yang bermain di Liga Primer maupun Liga Super Malaysia. Serbuan beberapa pemain asing ke Malaysia (termasuk Andik Vermansyah) membuat sang pelatih sepertinya mulai membuka diri kepada pemain asing untuk dinaturalisasi sebagai pemain Timnas Malaysia.

 

Salah satu yang mengemuka adalah bek andalan Trengganu FA, Vincent Bikana (Kamerun, 23 tahun) yang tidak mengesampingkan opsi bermain untuk tim nasional Malaysia satu hari, jika memang ada kesempatan. Sesuai aturan hukum FIFA, Bikana bisa bermain untuk Malaysia jika tidak pernah memperkuat Kamerun dilevel internasional serta tinggal terus menerus di Malaysia setidaknya selama lima tahun.

 

Bagi Bikana, musim ini adalah tahun ketiganya di Malaysia sehingga kalaupun ingin memperkuat Malaysia maka harus menunggu hingga 2017 itupun dengan syarat proses naturalisasinya beres.

"Saya sangat tertarik untuk mendapatkan kewarganegaraan Malaysia karena saya telah bermain sepak bola di sini sejak tahun 2013 dan saya menikmati setiap menitnya. Jika saya bisa mendapatkan kewarganegaraan Malaysia, saya ingin bermain untuk Malaysia dan membantu tim nasional sebanyak yang saya bisa,” katanya seperti dikutip FourFourTwo.

 

Bagi Dollah Saleh ide menggunakan pemain naturalisasi adalah untuk memberikan dorangan bagi pemain lokal sehingga mampu memberikan kemampuan terbaiknya saat bersama Timnas Malaysia. Untuk itu eks striker Malaysia tersebut siap membahas lebih lanjut wacana pemain naturalisasi dengan Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline