Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Target Tinggi Timnas U-18 di Piala Pelajar Asia 2014

Diperbarui: 20 Juni 2015   05:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Ndak terasa Piala Pelajar Asia 2014 akan kembali digelar, turnamen tahunan yang mempertandingkan Timnas U-18 akan kembali mentas di Stadion Manahan, Solo hari ini (6-13 Juni). Prestasi Indonesia diajang Asian School Football (ASF U-18) atau Piala Pelajar Asia U-18 cukup bagus, tahun lalu anak asuh Carlos de Mello mampu tampil sebagai runner up setelah kalah adu pinalti dengan Korea Selatan.

Sedang ditahun sebelumnya yang diwakilkan Timnas U-18 yang jadi cikal bakal Timnas U-19 sekarang mampu membuat kejutan dengan mencetak 25 gol kegawang Pakistan, dengan Sabeq Fahmi mencuat sebagai predator baru Timnas U-18 kala itu. Tetapi sayang anak asuh coach Indra Sjafrie gagal karena kalah dari Korea Selatan.

Kini Timnas Indonesia Pelajar pun sudah dibentuk, dibawah asuhan coach Maman Suryaman mereka siap mengarungi setiap laga grup B dimana Timnas bermain. Di grup B, Timnas Indonesia pelajar akan satu grup bersama tim kuat Thailand, Brunei Darussalam dan Hongkong. Sedang Grup A terdiri dari Korea Selatan, Malaysia, Tiongkok dan Singapura.

Ada Lima pemain yang pernah mengikuti seleksi timnas U-19 menjadi tumpuan Timnas Pelajar. Mereka adalah kiper Andi Prayoga (Medan Putra), penyerang Indra Kelana Nasution (Medan Putra), Arisandi Putra (PPLP Jatim),Amirullah (Diklat Ragunan) dan Gilang Ekarosa (Cirebon).

Sedang tiga pemain asal PPLP Jateng, Aldo Claudio, Iksan Fajar, dan kapten Rian Ardiansyah juga menjadi andalan guna meraih kemenangan.

‘’Mereka masuk dalam kerangka tim ini. Pengalaman mengikuti seleksi timnas U-19 menjadi modal berharga sekaligus dapat memotivasi pemain lain,’’ungkap coach Maman.

“Persiapan memang mepet. Tapi para pemain sudah terlatih di PPLP masing-masing dalam dua tahun terakhir,” ungkap coach Maman Suryaman.

Walaupun persiapan minim dan kurang maksimal, tetapi dengan bermain dikandang sendiri dan juga dukungan dari suporter Timnas Indonesia di Solo tentu akan menjadi sumber kekuatan bagi para pemain untuk mampu memberikan prestasi terbaik di ajang tahunan ini. Apalagi mereka sudah dipersiapkan sebelum bergabung dengan Timnas asuhan Maman Suryaman tersebut.

Termasuk beberapa ujicoba dengan klub U19 lokal, dimana timnas meraih tujuh kemenangan dan sekali seri dalam uji coba. Beberapa catatan kemenangan ditorehkan saat menghadapi Persib U-19 serta dengan tim Pra PON DKI Jakarta.

Laga lawan Brunei Darussalam dapat dimaksimalkan untuk meraih poin penuh serta mendulang banyak gol sebelum menghadapi lawan dengan kualitas yang lebih baik di grup B selanjutnya Hongkong dan Thailand.

Good luck dan Selamat Berjuang, Timnas Pelajar Piala Asia 2014 !

Wefi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline