Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Pesepakbola Indonesia dan Rasa Takut dengan Pesawat Terbang

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Musibah hilang kontaknya Air Asia QZ8501 sudah menemukan titik terang dengan diketemukan beberapa puing-puing pesawat Air Asia tersebut di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (jadi ingat tahun 2000 saat pertama kali kesana dari Pontianak pakai pesawat kecil berpenumpang hanya delapan orang) yang menjadi pengalaman tidak pernah melupakan sensasi dan rasa takut yang menyelimuti.

Rasa takut saat mau naik pesawat terbang itulah fokus artikel kali ini yang dikaitkan dengan sebagian pemain sepakbola negeri ini serta sekedar menengok sejarah kecelakaan pesawat terbang yang menewaskan pemain sepakbola dunia. Kita mulai dulu dengan beberapa istilah terkait rasa takut yang ada (bila ada rekan Kompasioner yang ingin menambahkan boleh nih..).

Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan ketakutan dalam pesawat terbang seperti “aerophobia” atau Takut naik pesawat terbang, “acrophobia” atau takut akan ketinggian hingga apa yang dinamakan dengan “claustrophibia” yang berarti takut didalam ruangan yang sempit (termasuk diruangan toilet pesawat terbang yang menurut penulis sempit saat merasakan bisa naik pesawat diakhir 1999)

Rasa Takut Pesepakbola Indonesia Ketika Naik Pesawat..

“Saya paling cemas kalau naik pesawat ! Biasanya kalau pesawat tengah take off, saya banyak berdoa,” ujar Ravi Murdianto, mantan kiper Timnas U-19 asuhan Indra Sjafrie yang disebut-sebut memiliki ketakutan setiap kali naik pesawat terbang.

“Saat itu semua bercampur aduk, saya takut tapi saya ingin seleksi,” ungkap mantan striker Timnas U-19, Yabes Roni saat pertama kali naik pesawat demi ikut seleksi Timnas U-19 di Yogyakarta.

“Pertama kali naik pesawat waktu saya ke Banjarmasin mau ikut seleksi ke Banjar Baru, klub Divisi II. Waktu itu saya takut sekali,” ungkap Muhammad Roby yang kini bermain di Barito Putra. (sumber : harian top skor)

Itulah beberapa komentar dari sebagian pesepakbola Indonesia terkait rasa takut yang mengiringi saat hendak naik pesawat apalagi pas pesawat take off maupun saat terjadi turbulance. Tetapi tuntutan karir profesional dan serta demi tugas negara, rasa takut itu harus mampu dikalahkan baik dengan perbanyak doa, mendengarkan ataupun aktivitas lainnya untuk mengalihkan rasa takut tersebut.

Denis Bergkamp dan phobia pesawat terbang..

Sekedar tambahan sebagian kita paham bahwa salah satu legenda timnas Belanda dan klub Arsenal, Denis Bergkamp juga memiliki phobia dengan pesawat terbang yang membuatnya lebih memilih jalan darat saat melakoni laga bersama Belanda dan Arsenal.

"Saya sedang mempertimbangkan bantuan psikiater. Aku tidak bisa terbang. Saya hanya membekukan. Saya mendapatkan panik. Dimulai hari sebelumnya, ketika saya tidak bisa tidur. '' terang Bergkamp terkait rasa takutnya itu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline