Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Serba Serbi dan Momen Piala Asia 2015

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Gelaran Turnamen Piala Asia 2015 telah usai dengan tampilnya Australia yang juga menjadi tuan rumah sebagai juara untuk pertama kalinya usai mengalahkan Korea Selatan lewat perpanjangan waktu 2-1 (1-0, 0-1, 1-0, 0-0). Pencapaian luar biasa tentunya bagi Australia yang memutuskan pindah konfederasi dari OCA ke AFC karena melihat kurangnya persaingan di Oceania yang secara tradisi berkutat di dua negara yakni Australia dan Selandia Baru.

Review perjalanan gelaran Turnamen Piala Asia 2015 Australia yang merupakan edisi ke-16 tentunya menyenangkan apalagi perjalanan penulis ke pabrik tempat bekerja dengan bis jemputan tidak terlalu lancar. Siapa tahu ada sesuatu yang bisa diambil atawa dipetik (bunga kali...) oleh persepakbolaan nasional yang masih kering prestasi dari momen di Piala Asia 2015.

Beberapa catatan baik bersifat prestasi individu, pencapaian sebuah negara dan lain sebagainya terangkum dalam serba serbi Piala Asia 2015, check this out..

1. Kemenangan Australia atas Korea Selatan yang mengalahkan mereka difase grup (1-0) mengingatkan kembali memori di Piala Asia 1980 ketika Kuwait tampil sebagai juara usai mengalahkan Korea Selatan (3-0), tim yang mengalahkan mereka dengan skor sama di fase grup.

2. Hanya butuh tiga edisi Piala Asia bagi Australia untuk menjadi juara Piala Asia paska memutuskan pindah ke AFC. 8 besar di Piala Asia 2007, Finalis di Piala Asia 2011 dan kini menjadi juara Piala Asia 2015.

3. Raihan Australia kian lengkap di Piala Asia 2015 setelah meraih prestasi lainnya yakni gelar untuk  Fair Play Award, Pemain Terbaik (Massimo Luongo), Kiper Terbaik (Mathew Ryan).

4. Gelar yang lepas dari tangan Australia adalah gelar top skor alias pencetak gol terbanyak yang diraih striker UEA yang tampil sebagai juara ketiga usai mengalahkan Irak, Ali Mabkhout yang bermain diklub Al Jazira berhasil mencetak 5 gol.

5. Total penonton yang menyaksikan 32 laga Piala Asia 2015 mencapai 649,705 penonton atau rata-rata 20,303 per laga. Dengan penonton terbanyak dibabak final dengan 76,385 penonton yang hadir Stadion Australia, Sydney

6. Total gol yang tercipta selama gelaran Piala Asia 2015 mencapai 85 gol atau rata-rata 2,66 gol per pertandingan. Tidak ada laga yang berkesudahan 0-0, sedangkan laga dengan skor besar terjadi saat Jordania mengalahkan Palestina 5-1 difase grup D.

7. Rilis tim terbaik Piala Asia 2015 didominasi oleh pemain Australia dan Korsel. Dan berikut daftar starting XI tim terbaik yang dikeluarkan AFC : Mathew Ryan (Aus); Dhurgham Ismail (Irak), Kwak Tae-Hwi (Korsel), Trent Sainsbury (Aus), Cha Du-Ri (Korsel); Massimo Luongo (Aus), Omar Abdulrahman (UEA), Ki Sung-Yeung (Korsel); Ali Mabkhout (UEA), Tim Cahill (Aus) dan Son Heung-Min (Korsel).

8. Wakil Indonesia di Piala Asia 2015 ternyata hanya Sindo TV yang menjadi TV Partner. Untuk urusan 4th official pun Indonesia kalah dari Malaysia, Singapura dan Srilangka yang mengirimkan dua wakil.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline