Lihat ke Halaman Asli

Achmad Suwefi

TERVERIFIKASI

pekerja swasta penggemar Liverpool, Timnas dan Argentina

Mengintip Lawan Timnas U-23: Juara Piala AFF Dilumat, Korea Selatan Berpeluang Juarai Piala Raja

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Kualifikasi Piala Asia U-23 hanya tinggal dua bulan saja dan persiapan maksimal utamanya dua tim grup E yakni Indonesia dan Korea Selatan yang difavoritkan lolos ke Putaran final di Qatar dibanding dua lawan lainnya Brunei dan Timor Leste. Hanya harus diakui persiapan matang dan maksimal justru diperlihatkan Korea Selatan yang dilatih Lee Kwang Jon jelang tampil di Jakarta pertengahan Maret mendatang.

Setelah gagal di turnamen four nations di Cina yang diikuti Cina, Australia dan Brazil akhir tahun lalu kini Korea Selatan menjadikan piala Raja 2015 sebagai turnamen pemantapan skuad mudanya. Di Piala Raja edisi ke-43, Lee Chang Min dkk beradu taktik dengan Thailand, Uzbekistan U-23 dan Honduras U-20 yang baru saja lolos ke Piala Dunia U-20 2015 Selandia Baru.

http://m.kompasiana.com/post/read/704879/2/mengintip-lawan-timnas-u-23-korea-selatan-awali-piala-raja-dengan-kemenangan.html

Usai menang 1-0 atas Uzbekistan U-23 dilaga perdana, Korea Selatan U-23 kembali meraih kemenangan di laga kedua usai menaklukkan Honduras U-20 dengan skor 2-0 (1-0). Gelandang 21 tahun yang bermain di Gyeongnam FC, Lee Chang Min membawa Korea Selatan unggul 1-0 (25') yang bertahan hingga babak pertama usai. Lee Woo Hyeok akhirnya memantapkan keunggulan Korea Selatan menjadi 2-0 di 10 menit jelang pertandingan berakhir.

Dengan kemenangan ini, Korea Selatan U-23 mantap diposisi puncak Piala Raja 2015 dan berpeluang besar tampil sebagai juara setelah Thailand yang baru saja menjadi Juara Piala AFF justru takluk ditangan Uzbekistan U-23 dengan skor telak 2-5. Thailand sempat memimpin laga 1-0 lewat gol cepat Pokklaw Anan (8') namun Uzbekistan U-23 mampu unggul balik 2-1 lewat gol Sardor Sabirkhodjaev (32') dan Jamshid Iskanderov (44').

Harapan Thailand yang mencoba mengejar ketinggalannya sempat terbuka ketika Pokklaw Anan mencetak gol keduanya (70') sehingga skor pun imbang 2-2. Namun kelengahan lini belakang Thailand mampu dimanfaatkan Uzbekistan yang berhasil mencetak tiga gol dalam rentang 10 menit lewat gol Maksimilian Fomin (78'),
Abbosbek Makhstaliev (81') dan Igor Sergeev (88'). Kekalahan ini jelas mempersulit peluang anak asuh Kiatisak Senamuang untuk juara Piala Raja 2015 karena Korea Selatan U-23 telah menanti dilaga terakhir.

Hasil dua kemenangan di laga-laga Piala Raja 2015 mengisyaratkan Korea Selatan U-23 bisa menjadi penghalang bagi Timnas U-23 untuk bisa lolos otomatis ke Putaran Final Piala Asia U-23 Qatar. Apalagi sejauh ini 'Garuda Muda' baru mulai melakoni pelatnas kembali dan masih kurang dalam hal ujicoba utamanya laga ujicoba internasional.

Salam sepakbola,
Wefi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline