Warung tak berpenghuni? Gak ada penjualnya kok gak ada yang curi ya?
Pernah saya ngobrol dengan sesama teman Indonesia yang bermukim di Jepang melihat banyak toko atau warung yang gak ada penjualnya.
Mungkin teman-teman sudah tahu kalau di Jepang penjualan barang sudah banyak yang menggunakan sistem self-service alias ngelayanin sendiri. Apalagi kalau alasannya utamanya karena sdm di sini memang terbilang sangat mahal, jadi biar harga bisa ditekan, ya mau gak mau kita harus mau repot demi mendapatkan harga yang murah. Contoh yang paling jelas adalah pom bensin. Banyak pom bensin disini yang kosong melompong cuma ngejogrok mesinnya saja, trus sapa yang ngelayanin, ya kita sendiri. Dan kalaupun ada mas yang jaganya, dont expect too much si mas bakal menghampiri, trus nuangin bensin ke mobil kita, yang ada kita malah ditawarin mau nggak kita ikutan member di pom bensin itu atau segala macem service perawatan mobil serta ketebelece lainnya, jadi kalo saya sih mendingan....leave me aloonee!! wkwkwk
Itu pom bensin, terus yang lainnya apakah ada yang kita harus ngelayanin sendiri? Yak ada! Vending Machine! Pertama kali ke Jepang saya takjub sama begitu buanyaknya vending machine betebaran, kalau disini disebut Jidouhanbaiki. Di sepanjang jalan trotoar, saya gak lihat itu yang namanya tong sampah (Jepang jarang tempat sampah!) tapi sebagai gantinya ya Jidouhanbaiki ini atau vending machine, yang ngejual berbagai macam minuman. Saya pikir hanya minuman thok saja loh, tapi ternyata ada yang jual makanan juga, jual koran, es krim, rokok (harus pakai kartu khusus mencegah anak kecil beli), bahkan sayuran. Mesin ini praktis banget, tinggal masukkan uang, maka keluarlah itu barang plus kembalian coin kalau memang uangnya ada kembaliannya (gak keluar permen lho wkwk). Sistem, yang saya yakin banyak disukai disini karena memang orang Jepang suka dengan segala yang bersifat praktis dan cepat.
Penjualan barang dengan menggunakan mesin otomatis ini (vending machine/jidouhanbaiki) mungkin gak aneh lagi, sistem yang aman terkendali, gak bisa curang atau dicuri, anda bayar barang keluar, kurang lebih gitu motonya. Tapi tunggu deh, ada loh jenis self-service disini yang cukup unik. Sistem ini menurut saya seperti uji nyali untuk berbuat jujur! Ya, ada warung tanpa penjualnya, kalau disini disebut Mujin Hanbai. Lho lho maksudnya?
Pertama kali saya ketemu warung jenis ini saat saya mengantar si sulung pergi ensoku (piknik sekolah), dipintu gerbang taman yang kami akan masuki ada warung besar yang isinya sayur-sayuran segar dengan potongan kertas yang bertuliskan harga perbuah ditaruh diatas sayuran itu. Dan tak ketinggalan satu buah kotak kayu kecil seperti kotak amal yang tengahnya ada lobang koin kayak celengan. Saya naksir banget sama daikon (lobak) nya yang segede gede bagong, murah lagi cuma 100 yen perbiji!! Akhirnya pulang acara saya mampir ke warung itu, sambil clingak clingung ngarep ada pak ibu yang bakal ngelayanin tapi kok yao sepi senyap, sampe teman jepang saya negur kok malah bengong kayak sapi ompong wkwkwk terus takjub ngelihat temen-temen saya pada sigap masukin bayem seiket, lobak yang geda banget, wortel kedalem plastik yang dia comot sendiri di sebelah kotak amal itu, terus mulut komat kamit seperti ngitung harganya, dan kemudian nyemplungin ke dalem kotak amal! Haa...
Saya jadi ikut-ikutan ngambil lobak sebiji terus nyomot kantong plastik dan nyemplungin 100 yen kedalam kotak itu sambil mikiiirrr, oalaah unik juga ini warung tak berpenghuni, cuma geletakin barangnya, kasih kantong plastik dan kotak uang saja. Dan biarkan customernya nyomot nyomot dagangan dan bayarnya masukin sendiri ke kotak. Ihhh apa nggak takut dicuri ya??
Ternyata gak hanya warung sayur saja lo, pernah saya jalan-jalan ke suatu tempat wisata, itu ada sejenis buklet yang dijual yang menerangkan tentang hal-hal yang berhubungan dengan wisata itu, tempatnya kaya kandang burung, pas saya buka ada banyak bundelan kertas berisi informasi seharga 100 yen perbundel, dan tentu saja diatasnya sudah ada kotak berlubang untuk memasukkan koin itu. Saya gak pernah tanya sama penjualnya yang entah dimana rimbanya, itu bener sesuai gak jumlah uangnya dengan bundel yang habis terjual wkwkwk tapi saya kok yakin kalau disini orang akan takut berbuat curang atau bahkan mencurinya.
Kata suami saya kalau orang diberi kepercayaan justru ia akan sulit untuk betray, ahh saya langsung menyanggahnya, nggak juga kok lah itu buktinya itu pejabat di Indonesia diberi kepercayaan ngemban tugas kok yao pada `miring` semua tuh, kurupsi karena mungpung jadi pejabat, numpuk kekayaan tujuh turunan dulu sebelum dilengserkan, tapi tenang ajaa ituu gak banyaakk kokk :P dan banyak juga tuh mereka yang beragama taat yang harusnya lebih takut sama Tuhannya tapi malah kelakuannya lebih sadis dari orang yang gak berTuhan.
Terus kenapa sih orang-orang disini gak pada nyuri atau ngambil kesempatan berbuat curang, mereka tak beragama harusnya tak perlu takut pada Tuhan dong ya. Entah kenapa dalam kepala saya ada satu alasan yang kuat kenapa bisa begitu adalah mereka justru ngeri ngeri sedap alias takut ketahuan dengan sekelilingnya karena sudah berbuat tidak baik. Ya, di Jepang sangsi sosial memang lebih manjur bisa menghukum orang-orang yang nyeleneh keluar dari norma yang ada dalam masyarakat, dan itu diyakini akan berakibat sangat buruk dalam kehidupannya. Reputasi dan image yang tidak bagus membuat masyarakat jepang seperti ketiban aib dan malapetaka besar. Coba lihat saja disini kenapa tempat sampah sangat jarang tapi kok bisa sangat teramat bersih, tentu saja balik lagi kepada moral dan etika. Dan berbicara dua hal ini pemerintah dan masyarakat Jepang sudah tidak perlu bersusah payah menggembor gemborkannya lagi.
Entah sekarang di Indonesia sudah ada atau belum supermarket yang pembayarannya dilakukan sendiri tanpa dilayani oleh petugas kasir? Kalaupun belum, ya tidak apa-apa toh negara kita masih surganya sdm yang melimpah ruah dan bisa terbilang murah kalau dibandingkan dengan disini. Tapi saya yakin lambat laun keadaan Indonesiapun akan seperti keadaan disini, dimana harga manusia sudah mulai akan diperhitungkan, akan lebih banyak mesin yang bekerja daripada petugas yang melayani.