Lihat ke Halaman Asli

Mikael Wedha

Let's start writing!

Moto GP Mandalika 2022, Nyawa Baru Sektor Ekonomi dan Pariwisata Indonesia

Diperbarui: 22 Maret 2022   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 atau yang kita kenal dengan Moto GP Indonesia 2022 telah terlaksana pada tanggal 18 -- 20 Maret 2022 di Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pembalap asal Portugal, Miguel Oliveira menjadi rider tercepat pada kelas tertinggi setelah menyelesaikan 20 putaran dengan catatan waktu 33 Menit 27 detik. Disusul oleh Fabio Quartararo di podium kedua dan Johann Zarco di podium ketiga.

Moto GP Indonesia kali ini menjadi gelaran Moto GP pertama setelah 25 tahun, dimana Indonesia pernah menjadi tuan rumah gelaran Moto GP pada tahun 1997 yang digelar di Sentul International Circuit. Gelaran Moto GP kali ini menarik banyak minat pecinta Moto GP dunia, khususnya di Indonesia. Menurut Simon Patterson, Jurnalis Internasional Moto GP, Gelaran di Mandalika kali ini dihadiri oleh 102.801 penonton dari seluruh penjuru dunia dengan rincian 9.875 penonton free practice di hari Jumat, 30.021 penonton sesi kualifikasi pada hari Sabtu, dan 62.923 penonton pada gelaran balap di hari Minggu.

Gelaran Moto GP seri ke -- 2 di Mandalika kali ini memberikan nyawa baru untuk sektor ekonomi dan pariwisata di Indonesia. Selama gelaran Moto GP Indonesia, terbuka kurang lebih 50.000 lapangan kerja baru dari berbagai sektor. Selain itu, 300 UMKM berhasil meraup untung 1,2 Miliar Rupiah pada gelaran Moto GP kali ini. Tingkat pemesanan kamar hotel dan penginapan juga turut meningkat. Bahkan tak sedikit pula warga setempat yang menawarkan kamar di rumah mereka untuk dijadikan tempat untuk para wisatawan menginap. Kehadiran para pembalap, Crew, dan juga penonton baik asing maupun dalam negeri juga mampu memberikan efek jangka panjang yang baik bagi sektor Pariwisata dan Ekonomi. Keindahan pulau lombok bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang datang, dan harapannya mereka akan membagikan pengalaman mereka dan juga keindahan alam pulau Lombok melalui media sosial mereka sehingga akan semakin banyak orang yang tertarik untuk datang ke pulau Lombok. Semakin banyaknya wisatawan yang datang, tentu akan memberikan dampak yang baik juga bagi ekonomi lokal, baik hotel, restoran, pemandu wisata, jasa sewa kendaraan, maupun UMKM yang ada di Lombok.

Hal tersebut terntu dapat dijadikan sebagai momentum untuk memberikan nyawa baru bagi sektor ekonomi dan pariwisata. Perlu adanya pengembangan yang berkelanjutan dari apa yang sudah didapat selama gelaran Moto GP Mandalika 2022 ini, guna terus meningkatkan kualitas ekonomi dan pariwisata. Tidak hanya di pulau Lombok, tapi di seluruh Indonesia. Semakin tinggi kualitas ekonomi dan pariwisata, maka akan semakin banyak wisatawan yang mencari tahu tentang wisata di Indonesia, dan meningkatkan ketertarikan mereka untuk berwisata di Indonesia. Hal ini tentu dapat dijadikan momentum guna mempercepat pemulihan kedua sektor tersebut yang terdampak selama pendemi covid 19.

Semoga gelaran Moto GP kali ini benar-benar bisa menjadi awal dari kebangkitan sektor ekonomi dan pariwisata di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline