Lihat ke Halaman Asli

Lia Nusi

Universitas Airlangga

Project Base Learning Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Usung Tema Pertolongan Pertama pada Luka Bakar di Rumah Tangga

Diperbarui: 15 Desember 2023   09:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi

PJBL (Project Based Learning) secara tidak langsung merupakan bentuk realisasi tri dharma perguruan tinggi. Semester ini, kelas AJ2 B25 Keperawatan melaksanakan PJBL mata kuliah Keperawatan Kritis dengan mengusung tema "Pertolongan Pertama pada Luka Bakar di Rumah Tangga". PJBL ini merupakan realisasi dari mata kuliah Keperawatan Kritis yang diadakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023 berlokasi di Balai RW 4 Kedung Tarukan Wetan. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan metode ceramah interaktif dan simulasi. Pemilihan tema ini mempertimbangan urgensi pentingnya pengetahuan tentang pertologan luka bakar yang tepat, mengingat kegiatan rumah tangga tidak lepas dari risiko terjadinya luka bakar yang terjadi di rumah tangga. Oleh sebab itu, kelas AJ2 Ahli Jenis B25 mengusung tema ini sebagai salah satu tema PJBL untuk menambah pengetahuan masyarakat sehingga masyarakat bisa mengatasi atau mengenal secara dini, penanganan luka bakar di rumah.

Acara PJBL ini dibuka oleh Bapak RW.04 Kedung Tarukan Wetan dan juga dibuka dan diberi sambutan oleh dosen fasilitator Ibu Hermayetty, S.Kp., M.Kes. Selaku yang dihadiri oleh masyarakat sekitar RW.04 Kedung Tarukan Wetan Total yang diikuti oleh 28 yang terdiri dari Masyarakat dan ibu-ibu PKK Kedung Tarukan Wetan. Materi disampaikan dan disimulasikan secara langsung oleh Mahasiswa AJ2 B25 Keperawatan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen Fakultas Keperawatan Ibu Hermayetti S.Kp, M.Kes selaku Dosen Fasilitator. Pelaksanaan kegiatan berlangsung meriah dengan peserta yang interaktif dan proaktif selama pemaparan materi dan simulasi.

"Kegiatan ini sangat menarik ya, karena dapat menambah pengetahuan saya tentang cara menolong luka bakar" tutur Winarti selaku salah satu peserta sosialisasi.

Sebelum dilakukan pemberian materi dan simulasi, masyarakat diberikan Pre-Test dan setelahnya diberikan post test menunjukan peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta terkait materi yang diberikan. Hasil dari pre test dan post test terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat terhadap penanganan dan pertolongan pertama luka bakar yang terjadi dirumah tangga. Diharapkan pelaksanaan kegiatan ini dapat memberi manfaat di masa yang akan datang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline