Lihat ke Halaman Asli

4 Strategi Digital Marketing yang Sering Digunakan Saat Ini

Diperbarui: 5 April 2016   14:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="4 Strategi Digital Marketing yang Sering Digunakan Saat Ini"][/caption]

 

Digital Marketing merupakan strategi pemasaran yang selalu mengalami perubahan secara terus menerus karena mengikuti trend dan behavior para pengguna internet. Anda tidak bisa hanya duduk bersantai untuk menikmati hasilnya. Namun Anda perlu beradaptasi secepat mungkin untuk mengikuti strategi digital marketing yang terus berkembang. Bagaimana dengan tahun 2016 ini? Sudahkan Anda melakukan riset tentang strategi digital marketing yang sering digunakan oleh para pengguna internet? Berikut 4 strategi digital marketing yang sering digunakan saat ini.

1. Membuat konten video. Belakangan ini, penggunaan konten video sebagai strategi digital marketing mengalami peningkatan yang drastis. Banyak orang yang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton video di Youtube. Sehari-harinya, Anda juga dapat melihat konten video yang dibagikan melalui socail media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path hingga media chatting seperti Line dan WhatsApp. Membuat konten video pun kini tidak memerlukan skill dan software khusus. Bahkan orang awam sekalipun bisa membuatnya hanya dengan menggunakan aplikasi video pada smartphone yang dimilikinya. Sebagai pebisnis online, Anda tidak boleh mengabaikan konten video sebagai sarana untuk promosi bisnis online Anda. Mulailah belajar membuat konten video dengan menggunakan tutorial ataupun belajar langsung dari ahlinya.

2. Menggunakan image yang tidak sembarangan, melainkan dengan konsep fotografi. Perilaku pengguna internet belakangan ini adalah memotret sebuah objek dengan komposisi dan dari sudut yang unik agar hasil foto yang ia potret terkesan lebih hidup atau biasa dikenal dengan foto yang bercerita. Para pebisnis online harus memerhatikan hal ini. Apabila Anda memiliki bisnis fashion, gunakanlah model untuk memotret produk Anda. Sesi foto dapat dilakukan indoor ataupun outdoor. Jangan memotret produk Anda secara asal atau bahkan diletakkan di lantai begitu saja. Buatlah semuanya terlihat cantik dan terkesan menceritakan sesuatu. Begitu pula dengan bisnis kuliner, Anda bisa memotret objek makanan dengan sudut pandang yang sesuai agar siapapun yang melihatnya menelan ludah.

3. Buat caption foto atau video yang sesuai. Mengunggah foto atau video tentunya memerlukan sebuah caption pendukung. Buatlah wording yang sesuai dan fokus untuk berbagi, bukan hard selling. Berbagi konten yang bermanfaat pada social media dapat meningkatkan engagement antara Anda dengan followers Anda.

4. Buatlah konten yang unik. Membuat konten yang unik dan mengundang para pengguna internet untuk memberikan Like pada postingan Anda memang tidak mudah. Untuk itu, Anda perlu memikirkan konsep yang outstanding dan mengaplikasikannya dalam bentuk foto ataupun video. Sebagai strategi digital marketing yang sering digunakan saat ini, konten yang unik dapat Anda buat dengan menggunakan topik yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan oleh pengguna internet dan membuat sebuah jokes dalam bentuk foto atau yang biasa dikenal dengan istilah meme. Jangan lupa untuk menambahkan hash tag yang sesuai saat Anda menguploadnya ke social media untuk memudahkan pencarian.

Menerapkan strategi digital marketing yang sering digunakan saat ini merupakan hal penting yang perlu Anda update secara terus menerus. Hal ini semata-mata demi meningkatkan interaksi dengan follower Anda dan membuat bisnis online Anda semakin dikenal oleh masyarakat. Apabila ada budget khusus untuk promosi, gunakanlah iklan berbayar. Menggunakan Google Adwords, Youtube Ads, Facebook Ads, Twitter Ads atau bahkan Instagram Ads memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih lagi apabila Anda menginginkan konversi yang sesuai dengan target Anda. Namun jangan khawatir, jasa iklan berbayar akan mem-boost iklan Anda dan penjualan akan berlangsung dengan mudah apabila Anda membuat konten yang menjual.

 

 

Oleh Webpraktis




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline