Lihat ke Halaman Asli

4 Langkah Membuat Pelanggan Kembali Mengunjungi Website Anda

Diperbarui: 11 Maret 2016   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="https://webpraktis.com"][/caption]

 

Anda mungkin memiliki website yang sangat bagus dan dibuat dengan budget yang tidak murah, namun hal tersebut akan terasa percuma apabila tidak ada satu pun pelanggan yang mengunjungi website maupun toko online Anda. Setiap harinya, milyaran orang mengakses Internet dan social media. Pengunjung mungkin menghabiskan tidak lebih dari tujuh detik untuk mendapatkan kesan pertamanya tentang situs web Anda. Tapi penjualan jarang terjadi dalam beberapa detik pertama. Untuk itu Anda perlu membangun strategi penjualan yang efektif demi membuat pelanggan kembali mengunjungi website Anda dengan mempelajari 4 (empat) langkah berikut ini :

1. Berikan penawaran gratis produk atau Ebook. Suatu hal yang gratis dan bisa didapatkan secara cuma-cuma tentunya diminati oleh berbagai kalangan. Anda dapat membagikan hadiah kepada siapapun yang mengunjungi website Anda hanya dengan meng-klik banner yang Anda buat dan langsung terhubung ke link download. Dengan berbagi, Anda akan lebih mudah mendapatkan pelanggan kembali mengunjungi website Anda

2. Berikan kode kupon diskon khusus. Kode kupon merupakan fitur yang apabila pelanggan melakukan transaksi pemesanan, maka harga akan terpotong secara otomatis setelah mereka memasukkan kode tersebut. Anda dapat memberikan gimmick berupa banner yang menarik pengunjung website mencoba untuk melakukan pembelian dengan menggunakan kode kupon yang tertera pada banner Anda. Hal tersebut tentu membuat pelanggan kembali mengunjungi website Anda untuk mendapatkan potongan sesuai dengan kode kupon

3. Gunakan Headline yang menarik dan powerful. Terkadang menggunakan headline yang menarik dan powerful bisa saja menyesatkan pengunjung website. Namun hal ini sangat berpengaruh untuk membuat pelanggan kembali mengunjungi website Anda. Oleh karena itu, pastikan headline maupun judul artikel yang Anda buat sesuai dengan isi artikel yang Anda suguhkan. Selain artikel, Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan berbagi video, foto, desain hingga social media yang Anda miliki untuk meningkatkan intensitas dan engagement antara Anda dengan pelanggan.

4. Aktif melakukan komunikasi dengan pelanggan. Salah satu cara termudah dan paling efektif untuk membuat pelanggan kembali mengunjungi website Anda adalah dengan berkomunikasi dengan pelanggan yang aktif mengirimkan pertanyaan baik melalui fitur Live Chat, email maupun media chat yang Anda cantumkan pada website. 

Memiliki komunikasi yang aktif dengan pelanggan merupakan bentuk pelayanan yang dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda, memberi kesan yang baik dan fast response hingga sebagai testimoni positif yang dapat menunjukkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Anda sehingga membuat pelanggan kembali mengunjungi website Anda.

Membuat pelanggan kembali mengunjungi website Anda merupakan salah satu cara agar produk Anda semakin banyak digunakan oleh masyarakat secara luas. Konsistensi terhadap berbagi informasi yang bermanfaat dan sering menyapa pelanggan merupakan hal penting agar pelanggan senang dengan pelayanan Anda dan melakukan repeat order melalui website maupun toko online Anda. Anda juga dapat menawarkan pelanggan setia Anda menjadi reseller dan memberikan harga khusus reseller bagi pelanggan setia Anda sehingga produk Anda semakin luas penjualannya.

Oleh Webpraktis




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline