Bagi Anda yang ingin mempunyai toko online sebaiknya ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam penggunaan fitur yang ada pada toko online. Karena banyak yang mempunyai toko online hanya sekedar menampilkan produk yang dijual namun fiturnya masih minim.
Salah satu penyebab omzet di toko online sangat rendah bisa jadi disebabkan fitur yang tidak lengkap atau membingungkan pengunjung toko online dalam melakukan transaksi. Sebagai pemilik toko online kita harus memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung. Berikut ini ada beberapa fitur yang harus terdapat dalam toko online, yang saya ambil dari referensi webpraktis.com .
1. Keranjang Belanja
Fitur keranjang belanja berfungsi untuk menampung seluruh produk yang akan dipesan oleh pengunjung toko online. Pengunjung akan mudah menambah dan mengetahui apa saja yang akan di beli dan berapa yang harus dibayar di dalam toko online tersebut. Selain itu, fitur ini berfungsi untuk membatalkan pesanan produk yang ingin dibeli.
2. Search
Fitur search berfungsi untuk memudahkan pengunjung untuk mencari produk yang dicari tanpa harus melihat satu persatu produk yang diinginkan.
3. Produk Terbaru
Ketika Anda menampilkan produk yang ingin dijual dalam toko online, pastikan produk yang baru di upload memiliki notifikasi bahwa produk tersebut adalah produk terbaru yang Anda jual. Sehingga pengunjung mengetahui Anda baru saja meng-upload produk terbaru.
4. Produk Terlaris
Selain fitur produk terbaru, Anda harus mencantumkan produk terlaris. Hal ini dapat menjadi nilai lebih ketika pengunjung dapat mengetahui bahwa produk yang laris dalam toko online Anda adalah produk tertentu, sehingga dapat menjadi referensi pelanggan untuk membeli.
5. Integrasi Social Media
Pastikan di toko online yang Anda miliki terdapat widget social media, hal ini berfungsi memudahkan pengunjung Anda berkomunikasi dengan Anda, selain itu dapat melihat timeline dan testimonial.
6. Login
Fitur login ini sangat penting buat pemilik toko online. Dengan fitur login, Anda dapat memilikidatabase yang bertransaksi di toko online, selain itu Anda bisa menindaklanjuti pelanggan agar segera melakukan transaksi pembayaran.
6 fitur di atas wajib ada jika Anda ingin memiliki toko online karena fungsinya sangat memudahkan pelanggan maupun Anda sebagai pemilik toko online.
(sumber: portalpengusaha.com)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H