Lihat ke Halaman Asli

Max Webe

yesterday afternoon writer, working for my country, a reader, any views of my kompasiana are personal

Akankah Emmanuel Macron Mampu Menjinakkan Prancis?

Diperbarui: 26 Maret 2023   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengunjuk rasa memegang spanduk bertuliskan Peringatan terakhir selama aksi pemuda menentang reformasi pensiun di Paris pada 9 Maret 2023. (AFP)

Serikat pekerja dan kelompok sayap kiri telah memperingatkan bahwa mereka akan melakukan apa saja untuk mengganggu kunjungan kenegaraan Raja Charles selama tiga hari ke Prancis. Menurut laporan dinas intelijen yang bocor ke Le Parisien, mereka secara aktif merencanakan aksi di Versailles dan Bordeaux selama kunjungan Charles dan Camilla.

Pada akhirnya, ancaman mereka ditanggapi dengan serius. Presiden Emmanuel Macron memutuskan untuk mengawal raja Inggris dari Prancis .

Semangat aksi protes paling ekstrem politiklah yang menjadi perhatian khusus, karena meracuni debat publik dan meradikalisasi opini. Suasana di Prancis memang berubah suram dan tidak stabil; ketidakpuasan sekarang teraba di jalanan. Sejak reformasi pensiun Macron dipaksakan secara hukum melalui parlemen, dan mosi tidak percaya pada perdana menteri, lisabeth Borne, ditolak hanya dengan sembilan suara, ketegangan meningkat. 

Tidak mungkin iring-iringan kerajaan akan terjebak di salah satu demo yang berkobar di malam hari dan meninggalkan jejak api unggun dan kehancuran di jalan raya Paris. Namun, tidak mungkin untuk menyelamatkan raja dari pemandangan dan bau ibu kota Prancis yang setengahnya menghilang di bawah 10.000 ton sampah . Pada hari Senin, pemungut sampah kota memasuki minggu keempat pemogokan -- mereka tidak ingin pensiun pada usia 59 tahun pada tahun 2030.

Apa yang akhirnya terbukti terlalu berbahaya tentang kunjungan kenegaraan untuk Macron ini, yang jauh lebih penting daripada ancaman paling kiri, adalah optiknya. Hal terakhir yang dibutuhkan presiden adalah foto dirinya, dalam kebesaran penuh, menjamu kepala negara yang tidak terpilih yang berutang posisinya sejak lahir, di chateau Versailles. Bayangkan seorang matador bernama Macron mengayunkan jubah merahnya di depan negara berpenduduk 66 juta ekor banteng.

Baik atau buruk, apakah kita suka atau tidak, apakah kita menyadarinya, revolusi 1789 mengubah cara kita melihat diri kita sendiri dan berhubungan dengan kekuasaan. Kompromi adalah seni yang diperuntukkan bagi orang lain. Konfrontasi adalah untuk apa kita dilahirkan, apa yang kita cari secara diam-diam, apa yang membuat kita tergerak. Macron adalah yang pertama menikmati perselisihan. Di sebuah ruangan, dia akan selalu berjalan langsung ke beberapa oposan dan berdebat panjang lebar dengan mereka, karena dia percaya pada kekuatan persuasinya. Ini mengagumkan dan mungkin, kadang-kadang, sedikit terburu hawa nafsu.

Dengan reformasi pensiun, yang dijelaskan dengan buruk kepada publik oleh Borne dan pemerintahnya, dia telah mengambil risiko demi keuangan negara dan kepentingan generasi mendatang, yang akan semakin terbebani oleh biaya orang tua mereka. Mungkin, seorang Pemuda keesokan harinya akan berterima kasih padanya, tapi mereka belum lahir. Namun, kaum muda saat ini tergoda untuk bergabung dalam aksi protes.

Bagi remaja Prancis, sekarang sudah menjadi ritual peralihan untuk menyelinap ke demonstrasi massal menentang undang-undang yang hampir tidak mereka pahami. Apa yang mereka ambil dari pengalaman itu adalah perasaan berkuasa yang memabukkan. Sepekan terakhir ini, para demonstran terlihat pesertanya terdiri dari kaum muda, terutama dalam pawai dadakan di malam hari. Dan, peserta aksi yang diikuti mereka berusia muda berpotensi menghadapi polisi anti huru hara, semakin berbahaya situasinya. Insiden aksi sejauh ini dapat dihindari, tetapi ketika ketegangan meningkat dan polisi mulai merasa lelah, bahaya meningkat. Bagi pemerintah Prancis, ini adalah mimpi buruk. Setiap kali anak muda ikut unjuk rasa secara massal, pemerintah selalu mundur pada akhirnya.

Namun, sejauh ini, Macron tetap teguh. Pria itu berbeda dari pendahulunya. Dia mengambil risiko, dan tidak ingin menghindar dari kesulitan. Dia secara konstitusional tidak dapat mencalonkan diri kembali ketika masa jabatannya berakhir pada 2027, jadi tidak keberatan menjadi tidak populer. Dia mungkin juga berharap bahwa "mayoritas yang diam" dari rakyat Prancis pada akhirnya akan dikejutkan oleh kotoran di jalan-jalan, kekerasan dan kebodohan oposisi dan akan berbalik melawan semua oportunis yang menuangkan minyak ke api.

Ini adalah sebuah kemungkinan. Ini juga, bagaimanapun, melupakan yang sudah jelas: romantisme revolusioner yang tak tertahankan, yang suka secara teratur bahwa mereka masih menjadi juragan terakhir. Ketika mereka melakukannya, mereka pergi jauh-jauh. Bahkan jika itu bertentangan dengan kepentingan mereka. Bukankah Macron pernah mengutip Asterix dan berbicara tentang "Galia yang pantang menyerah" yang menolak semua perubahan? Itu semacam pujian tetapi orang Prancis menganggapnya buruk.

Akankah Emmanuel Macron menjadi orang yang menjinakkan rekan senegaranya? Bisakah seorang matador membesarkan muleta-nya melarikan diri dari jutaan banteng yang marah?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline