Lihat ke Halaman Asli

Max Webe

yesterday afternoon writer, working for my country, a reader, any views of my kompasiana are personal

Terkait Pemberitaan Bendera ISIS, FPI Menjawab

Diperbarui: 17 Januari 2016   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam tulisan Antara Cuitan Allan Nairn dan Bendera ISIS disebutkan akun twitter @AllanNairn14 milik Allan Nairn bertuliskan,"Antiterror peop shld remember tht supporters of GenPrabowo/FPI openly flew ISIS flags@ '14 rallies n downtwn Jakarta," 6:13 PM - 14 Jan 2016. Disana ia menanggapi cuitan akun twitter IG: Shafiq Pontoh @ShafiqPontoh yang bertuliskan, "Ini aksi prabowo dan FPI sore tadi di Bunderan HI koq ada bendera ISIS nya :(" 5:19 AM - 11 Jul 2014. Sayangnya, sampai artikel ini ditulis, saya belum mendapatkan konfirmasi dari Allan Nairn terkait cuitannya tersebut. 

Sebagai kompasianer, tentunya saya berupaya keras untuk tidak tergolong Dosa Jurnalis Meliput Aksi Teror 14/1 yakni salah satunya abai melakukan verifikasi, yang terkandung di dalam Sembilan Dosa Jurnalis Dalam Liputan Terorisme, 1) Mengandalkan Satu Narasumber Resmi; 2) Lalai Melakukan Verifikasi; 3) Malas Menggali Informasi di Lapangan; 4) Lalai Memahami Konteks; 5) Terlalu Mendramatisasi Peristiwa; 6) Tidak Berempati pada Narasumber; 7) Menonjolkan Kekerasan; 8) Tidak Memperhatikan Keselamatan dan Keamanan Diri; 9) Menyiarkan Berita Bohong. Kedua, melalui panduan menggunakan hak jawab, hak koreksi dan kewajiban koreksi bagi pembaca dan redaksi dalam menyelesaikan permasalahan akibat pemberitaan pers. Saya merujuk buku Gunakan Hak Jawab, Hak Koreksi Anda, Ombudsman Memfasilitasinya yang diterbitkan Tim Ombudsman Jawa Pos Group. 

Mengutip kata pengantar buku tersebut, Dahlan Iskan, "Kontrol diri sendiri tersebut diperlukan karena ada sifat yang luar biasa hebat--manfaat maupun bahayanya--yang melekat pada profesi wartawan: bekerja untuk kepentingan umum dan mempunyai otonomi untuk melakukan atau tidak melakukan."

Alangkah bijak, jika saya pun menyampaikan pernyataan sikap Habib Rizieq Syihab selaku Imam Besar FPI, sekaligus hak jawab Front Pembela Islam (FPI): 

A. Ada FOTO tentang berkibarnya Bendera ISIS saat Demo FPI di Jakarta?

JAWAB : Itu Aksi Ormas-Ormas Islam untuk PALESTINA di Tahun 2014, dan FPI ikut, lalu ada pihak yang bawa bendera mirip Bendera ISIS. Apa salah FPI ?

C. Pernyataan FPI mendukung ISIS?

JAWAB : Ini INTISARI Pernyataan FPI tentang ISIS Tahun 2014 :

1. FPI dukung Penerapan Syariah secara Konstitusional di NKRI.

2. FPI dukung Penegakan Khilafah Islam di DUNIA untuk melawan New Imperialisme Intenasional.

3. FPI menolak segala bentuk perang antar sesama muslim.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline