Lihat ke Halaman Asli

Widiya astuti

Mahasiswa

Dampak Buruk Kasus Korupsi PT Timah TBK terhadap Perekonomian Indonesia

Diperbarui: 19 April 2024   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kasus korupsi di PT Timah Tbk adalah sebuah masalah yang menimbulkan kerugian negara sebesar Rp 271 triliun. Penggalangan dari pemanfaatan tanpa izin usaha pertambangan dan pengerukan di luar wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk telah menjadi sumber potensi korupsi. Kejaksaan Agung telah menetapkan 16 tersangka dalam kasus korupsi IUP Timah ini, termasuk Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, Direktur Keuangan TINS Emil Ermindra, Direktur Operasional TINS Alwin Albar, dan Crazy Rich PIK Helena Lim dan suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis.

Kasus korupsi PT Timah menunjukkan tata kelola yang buruk, perlu pengawalan terhadap perhitungan kerugian negara dari kerusakan lingkungan, dan perlu pengembangan kasus untuk menjerat tersangka lain. Kerugian yang ditimbulkan dari kasus korupsi tersebut mencapai angka Rp 271 triliun.

Para pengusaha yang menambang secara ilegal di wilayah PT Timah telah menginisiasi rapat dengan pihak PT Timah agar mau menampung bijih timah dari sejumlah perusahaan yang menambang secara ilegal.Pengusutan korupsi perizinan tambang timah di Bangka Belitung harus diungkap sampai jejaring bekingnya.

Secara keseluruhan, kasus korupsi di PT Timah Tbk adalah sebuah masalah yang menimbulkan kerugian negara yang besar dan perlu diungkap sampai jejaring bekingnya. Pihak pengawal dan pengusaha harus melakukan transformasi organisasi dan pengawalan terhadap perhitungan kerugian negara dari kerusakan lingkungan.

Selain itu berdampak bagi perekonomian indonesia

Kasus korupsi di PT Timah Tbk telah mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 271 triliun. Dampak dari kasus korupsi ini adalah kerusakan lingkungan yang merugikan perekonomian negara, termasuk kerugian keuangan negara yang masih dihitung. Efek dari kasus korupsi ini adalah pengurangan produktivitas, penurunan investasi, dan kemungkinan penurunan nilai tunggal negara.

Kasus korupsi PT Timah Tbk juga menimbulkan kerugian lingkungan, yang terdiri dari kerusakan hutan dan nonkawasan hutan. Hal ini menimbulkan dampak negatif pada lingkungan dan masyarakat, termasuk pengurangan kualitas hidup, kesehatan, dan keamanan.

Dampak dari kasus korupsi ini juga mengakibatkan kerugian keuangan negara, yang ditimbulkan oleh pengeluaran yang tidak mencukupi dan pengeluaran yang tidak terdaftar. Hal ini menimbulkan dampak negatif pada perekonomian negara, yang dapat menyebabkan penurunan pendapatan negara dan pengurangan investasi.

Perlu diingat bahwa kasus korupsi PT Timah Tbk hanya satu dari berbagai kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Dampak dari kasus korupsi lainnya juga dapat menimbulkan kerugian negara dan lingkungan, yang dapat mengakibatkan penurunan pendapatan negara, pengurangan investasi, dan kemungkinan penurunan nilai tunggal negara.

Untuk meningkatkan transparansi dan memperbaiki sistem pengelolaan, perlu dilakukan reformasi terhadap sistem pengelolaan dan pengawalan di sektor pertambangan, yang dapat mengurangi kerugian negara dan li

ngkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline