Lihat ke Halaman Asli

Saat Ini: Riau Tak Layak Huni ?

Diperbarui: 14 September 2015   15:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

[caption caption="Kondisi di Lingkungan Kampus UNRI Panam saat ini"][/caption]Provinsi Riau yang akhir-akhir ini menjadi terkenal karena bencana kabut asap (kebakaran lahan) yang berlangsung setiap harinya. Dan bencana kabut asap ini sudah terjadi selama 18 tahun dan pada tahun 2015 kabut asap terparah karena ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) sudah tingkat bahaya. Senin, (14/9) tingkat pencemaran sudah paling bahaya pencemaran udaranya, bahkan sekarang sudah hampir 25 ribu masyarakat Riau ISPA. Selain itu, penerbangan lumpuh total, sekolah di liburkan, dan dampak lainnya.

[caption caption=""Kondisi lalu lintas di Jalan Soebrantas Panam Pekanbaru penuh dengan kabut asap""]

[/caption]

Semakin hari asap semakin menjadi, seakan Riau tak layak huni untuk saat ini. Saya sendiri sebagai orang rantau dari Palembang yang baru satu bulan di Pekanbaru, Riau sangat prihatin melihat kondisi sekarang ini. Asap sudah memasuki setiap ruangan, entah bagaimana caranya agar asap tersebut tidak masuk ke ruangan seperti kamar, ruang kantor, dan lainnya. 

Sedih, ketika melihat orang sekitar harus hidup dalam bencana dan sudah memakan korban mulai dari anak-anak, orang dewasa, atau orang yang sudah tua. Namun, inilah realitas atau kondisi yang sudah menjadi bubur tidak bisa diatasi sehingga harapan terakhir adalah menunggu keajaiban Tuhan. Apa yang kita harapkan ? Tentunya, hujan dan hujan dan hujan yang deras di setiap wilayah yang ada di Provinsi Riau. 

Dengan demikian, bencana kebakaran dapat teratasi dan kabut asap pun hilang. Jujur, saya dan masyarakat rindu menghirup udara yang segar di pagi hari ketika bangun pagi pas membuka jendela atau pintu.Namun, sekarang seakan udara bersih sangat sukar saya dan masyarakat lainnya untuk menghirupnya. 

Mohon doa, dan doa yang teman-teman panjatkan kepada Tuhan disetiap teman-teman Sholat/Sembahyang, semoga hujan lekas turun dan kabut asap segera hilang. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline