Lihat ke Halaman Asli

Wayan Arningsih

NI WAYAN ARNINGSIH, GURU AKUNTANSI

Pentingnya Guru dalam Menguasai Informasi Teknologi di Zaman Digital

Diperbarui: 2 Juli 2021   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pentingnya Guru dalam Menguasai Informasi Teknologi di Zaman Digital | pexels

IT (Informasi Teknologi) merupakan informasi yang disampaikan dengan cepat dan efisien,contoh HP, Komputerisasi itu merupakan IT yang menyampaian informasi sangat cepat dan efisien.

Dalam dunia pendidikan penyampaian informasi dengan menggunakan IT sangat penting dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran dan penilaian dapat melakukan IT misalnya menggunakan computer, laptop dan HP. Lewat media ini maka proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan  penilaian menjadi lebih efisien dalam penggunaan kertas.

Baca juga: Tantangan Labschool dalam Menyiapkan dan Menerjemahkan Sistem Pendidikan di Era Digital

IT dapat diterapkan di dunia pendidikan dalam hal proses pembelajaran dan penilaian atau evaluasi. Dalam proses pembelajaran guru bisa menggunakan kelas maya, dengan menggunakan aplikasi HP android. 

Dengan menggunakan kelas maya guru tidak harus masuk kelas dalam pembelajaran. Guru hanya memberikan kode akses untuk masuk ke kelas maya. Sedangkan dalam hal penilaian guru dapat menggunakan aplikasi android, sehingga dalam proses penilaian lebih efisien dan menghemat kertas dan hasil akhir sudah langsung diketahui dengan menggunakan soal multiple choise.

Dalam dunia pendidikan, IT juga memegang peranan penting untuk mensukseskan proses belajar mengajar. Apalagi saat ini sedang diterpakannya Kurikulum 2013 yang berbasis TIK. Yang artinya bahwa disetiap mata pelajaran akan terintegrasi IT. 

Baca juga: Fenomena Pendidikan di Era Digital

Manfaat IT dalam menyampaikan materi pembelajaran adalah materi yang akan kita sampaikan menjadi lebih interaktif dan kreatif. Siswa pun akan menjadi lebih senang pada mata pelajaran kita.

Dalam dunia pendidikan guru diharapkan mampu menguasai IT. IT itu merupakan hal yang sangat penting dikuasai guru di Zaman Era Digital. 

Guru yang belum menguasai IT. Hendaknya sering mengikuti pelatihan -- pelatihan di bidang iT dari pelatihan tersebut sedikit demi sedikit guru akan meguasai IT.

Kenapa guru dituntut menguasai IT karena segala bentuk informasi melalui IT adanya TES UKG berbasis computer, Pengisian data pegawai juga menggunakan aplikasi IT, seperti SIKEPO, SIMPEG, Dapodik dan lain-lainnya. Untuk itu guru di wajibkan menguasasi IT.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline