Lihat ke Halaman Asli

Wawan Fun Tahsin

Penyuluh Agama Islam KUA Mlati

PJKA-Pulang Jumat Kembali Ahad

Diperbarui: 20 September 2022   12:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Para pekerja dan usahawan seringkali harus tinggal di kota yang berbeda dengan kota domisilinya. Mereka adalah kaum penglaju pekanan. 

Bekerja atau berusaha pada hari kerja senin sampai jumat, lalu kembali ke kota/kampung halaman pada hari jumat hingga ahad. 

Banyak alasan yang dikemukakan oleh penglaju jenis ini. Tetapi satu hal yang pasti, yakni mereka cukup punya anggaran untuk bepergian antarkota sepekan sekali tersebut. 

Penglaju PJKA - Pulang Jumat Kembali Ahad, biasanya termotivasi oleh pekerjaan atau lokasi usaha di kota lain sedangkan keluarga baik orangtua, anak, istri berada di kota lain. Moda transportasi yang dipilih pun beragam, ada yang memilih kendaraan umum: kereta atau bus serta travel, juga pesawat terbang. Selebihnya memilih kendaraan pribafi baik sepeda motor maupun mobil pribadi. 

Penglaju PJKA adalah pejuang keluarga, yang rela  berpisah dengan keluarga selama hari kerja, bertemu keluarga ketika sabtu ahad saja. Bagi yang beruntung karena bisa berkumpul dengan keluarga setiap hari, bersyukurlah, karena rindu Anda kepada keluarga tak perlu biaya tambahan. Semoga semua keluarga indonesia menjadi keluarga yang sakinaj mawaddah warahmah dan barokah. Aamiin




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline