Pada tanggal 30 Juni 2011 saya telah memposting tulisan berjudul Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran, tapi sayang mungkin terlalu rumit untuk dilaksanakan, oleh karena itu saya membuat suatu aplikasi untuk menyederhanakan sehingga AR lebih mudah untuk digunakan Pembelajaran. Untuk saat ini hampir semua sekolah memiliki PC dan In Focus sehingga Alat Peraga dengan menggunakan Augmented Reality lebih tepat dan menarik bila dibandingkan dengan guru menggambar langsung pada papan tulis ataupun menggunakan cahrta. Dengan Alat Peraga menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) ini diharapkan proses belajar dan mengajar menjadi lebih menarik dan pada akhirnya proses pembelajaran berhasil. Aplikasi ini dibuat sesederhana mungkin cara pemakaiannya sehingga guru di pelosok desa pun bisa menggunakannya. Apabila guru mempunyai kemampuan untuk membuat objek 3D mereka bisa menambahkan objek 3D pada Augmented Reality ini sesuai dengan apa yang diinginkan, tapi saya menyadari tidak semua guru mengerti cara membuat objek 3D oleh karena itu saya buatkan objek 3D sebanyak kutrang lebih 421 objek 3D yang dikelompokan menjadi beberapa kelompok. Setelah Selesai di download Instal terlebih dahulu aplikasinya, Kemudian jalankan aplikasinya Langkah1 : Import File 3D mengimpor objek 3D dari File dengan Format rar yang sudah di download, caranya klik Tab Impor File, kemudian klik tombol Import Object 3D
Pilih Kelompok Objek 3D ( format Rar) yang sudah di downlad kemudian klik Open
File Rar tersebut akan langsung di ekstrak pada folder yang ditentukan sistem
Langkah 2 : Mencetak Marker, klik Tab Marker Kemudian klik tombol Cetak
Klik tombol Print, semuanya ada 17 halaman sebaiknya dicetak pada kertas agak tebal
Setelah selesai mencetak, sebaiknya keluar dulu dari aplikasi dengan mengklik tombol keluar
Langkah 3: Setting Ulang Marker. Jalankan lagi aplikasi, klik tab marker, kemudian klik tombol Setting Ulang Marker
Maka akan muncul Tampilan dibawah ini
Tekan Enter
Klik Tombol OK
Hadapkan marker ke WebCam bila sudah terlihat marker tersebut dibatasi garis berwarna hijau dan merah, klik gambar marker tersebut
klik kemudian berinama setiap marker dibawahnya ada angka dari 01-99, bila yang dihadapkan ke web cam gambar 01 maka beri nama 01.patt, bila 02 ketik 02.patt dst kemudian tekan tombol enter
lakukan berulang-ulang sehingga semua marker selesai di seting ulang, bila sudah selesai keluar dengan cara klik tombol x di kanan atas
Langkah 4 : Mengisi Database Klik Tab Pengaturan
- Klik Tombol Tambah 3D sehingga tulisan pada Tombol berubah menjadi Simpan
- Isi Nama AR misalnya Kerangka
- Pilih marker yang akan digunakan, catatan untuk nama AR yang sama tidak diperbolehkan menggunakan marker yang sama
- Pilih Kelompok Objek 3D
- Pilih Nama Objek 3D yang akan ditampilkan
- Transalasi, Rotasi dan scala untuk sementara bisa diabaikan, bisa diatur kemudian bila AUgmented Reality akan diatur ulang
Klik tombol Simpan
Pilih satu opsi dari 3 Opsi yang tersedia Langkah 5 : Menjalankan File AR
- Klik Tab Jalankan AR
- Pilih nama AR yang akan dijalankan
- klik Tombol buka
Klik Tombol OK
Tunggu Proses rendering
Tampilkan marker ke depan Web Cam, dan ternyata objek 3D nya terlalu besar untuk menubah menjadi lebih kecil Klik Tab Pengaturan Klik nama file yang akan diubah ukurannya klik tombol ubah Ubah angka pada skala
maka hasilnya sebagai berikut
Catatan : Langkah 1 sampai 3 hanya dilakukan sekali Untuk lebih jelasnya silahkan lihat VIDEO TUTORIAL nya SEMOGA BERMANFAAT
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H