Lihat ke Halaman Asli

Wawan Kurn

Belajar Menulis, Senang Membaca, Hobi Memancing. Dapat dikunjungi di www.wawankurn.com

3 Langkah Awal untuk Mendukung Net-Zero Emissions

Diperbarui: 18 Oktober 2021   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Ini adalah harapan terbesar kita di masa depan, mencapai Net-Zero Emission. Indonesia sendiri membuat target untuk mencapai Net-Zero Emissions (NZE) selambat-lambatnya di tahun 2060.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah telah mengupayakan berbagai cara meski hal tersebut tentu tidak mudah. Ada berbagai tantangan yang kerap hadir dan mengancam usaha-usaha tersebut.

Nah, sebagai individu, pada dasarnya kita pun dapat berkontribusi untuk mengatasi masalah ini. Negara tentu saja punya tanggung jawab lebih besar untuk mengurusi Net-Zero Emissions (NZE), akan tetapi sebagai individu, ada sejumlah hal yang dapat kita coba untuk ikut berpartisipasi dalam mendukung Net-Zero Emissions.

Berikut 3 langkah awal untuk mendukung Net-Zero Emissions yang dapat kita lakukan sesegera mungkin.

1. Dukung Net-Zero Emissions dengan melakukan belajar atau riset secara pribadi

Pertama, untuk mendukung Net-Zero Emissions, hal paling awal yang dapat kita lakukan tentu saja memahami konsep ini dengan jelas. 

Tentu saja kita dengan mudah mengetahui pengertian dari Net-Zero Emissions ini, namun lebih dari itu, terdapat berbagai informasi penting yang perlu dipahami lebih jauh. Hal ini secara tidak langsung akan membantu kita untuk menghadirkan kesadaran lingkungan yang lebih berakar.

Nilai-nilai gerakan yang hendak dimunculkan sekiranya dapat dihayati dengan memahami latar sejarah dan upaya yang sejauh ini telah dilakukan. Dengan mempelajari atau melakukan riset mendasar, kita dapat menambah berbagai informasi yang penting untuk membantu kita memahami masalah ini.

2. Melakukan kampanye online via media sosial yang kita miliki

Andai saja tidak dalam kondisi pandemi, melakukan kampanye secara offline tentu saja dapat menjadi pilihan. Hanya saja, di masa seperti sekarang, pandemi mengajak kita untuk bisa memanfaatkan fitur online yang ada.

Jika selama ini media sosial yang kita miliki hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, tidak ada salahnya untuk kemudian belajar membagikan informasi terkait dengan isu lingkungan atau harapan untuk mencapai agenda Net-Zero Emission.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline