Lihat ke Halaman Asli

3 Kali Dapat Bantuan Amerika Serikat

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

139636391680731705

[caption id="attachment_318063" align="aligncenter" width="614" caption="Bersama Tim USAID (Dok ITM) "][/caption]

Pesona Menakjubkan: Irwan Thahir Manggala- Kunjungan tim USAID ke 3 sekolah pada 20 Maret 2014 di Kabupaten Maros sangat berkesan. Rangkaian kunjungan ini melengkapi proses kegiatan pelatihan TOT USAID tingkat nasional sehari sebelumnya yang dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di hotel Aston di Makassar.

Saya sangat senang bisa sempat mengikuti hampir seluruh rangkaian kegiatan kunjungan Nancy Fisher, Acting  Deputy Mission Director USAID bersama rombongan di SDN Inpres 111 Polejiwa Kabupaten Maros. Sebelum ke SD yang searah jalan dengan pasar pelelangan ikan itu, rombongan sempat pula mengunjungi SDN 39 Kassi Kabupaten Maros dan berlanjut ke SMPN 4 Bantimurung Maros .

Saya sempat mengantongi jepretan rangkaian kunjungan tim USAID ke 3 sekolah dibawah payung Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kabupaten Maros. Bahkan hasil jepretan itu telah membuat satu terobosan konsep untuk saya buat dalam versi buku kenangan dan bahan penggalian argumen. Saya sudah mengagendakan untuk menemui stakeholder USAID lokal hingga tingkat wilayah. Koleksi foto bak sebuah dokumen itu akan menjadi bahan refrensi saya untuk terus meneropong tindak lanjut mitra program USAID Prioritas dengan 15 SD/MI dan 8 SMP/MTs se Kabupaten Maros.

2 dokumen foto akan diperkuat dengan dokumen foto disaat keikutsertaan saya di 2 kegiatan  USAID sebelumnya - juga di kota Maros. Saya berusaha untuk membuat satu daya tarik untuk saling menghubung seraya berbagi, khususnya bagi sekolah dan madrasah sebagai mitra program USAID di kabupaten Maros. Saya memilih tema:"Bermitra Program dengan USAID, Untuk Apa"? Tema ini saya ungkap untuk sipa saja bisa mengulas seraya menggali argumen. Ketiga dokumen foto itu akan daya energize membangun dunia pendidikan di Kabupaten Maros.

Saya bisa bergabung dengan USAID Prioritas setelah saya sempat mengikuti pelatihan manajeman sekolah(MBS) untuk SD/MI  pada 3-5 September 2013 di gedung aula SMPN 1 Kabupaten Maros. Kesempatan bergabung dengan program USAID kian menambah pengalaman saya bergabung dengan bantuan Amerika Serikat lainnya. Saya pernah mendapat bantuan buku-buku berbahasa Inggris langsung dari RELO (Aminef) di Jakarta.  Pada kali lainnya saya sempat dibiayai transportasi dan akomodasi disaat ikut workshop pengajaran Bahasa Inggris hasil kerja sama RELO di Makassar dengan UIN Alauddin Makassar.

3 kali mendapat parner dari lembaga internasional kian memberi semangat untuk berkreasi. Semoga tulisan ini bisa dikunjungi oleh para fasilitator daerah(Fasda) dan fasilitator tingkat wilayah. Saya akan terus melengkapi tulisan perjalanan bersama USAID Prioritas di Kabupaten Maros - yang memang masih punya masa kerjasama tersisa empat tahun lagi.

Pattunuang Asue: 010414




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline