Lihat ke Halaman Asli

Menyambut Bulan Menulis

Diperbarui: 23 Juni 2015   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1401582952176679122

[caption id="attachment_326748" align="aligncenter" width="655" caption="Karikatur Kompas (Koleksi ITM) "][/caption]

Pesona Menakjubkan: Irwan Thahir Manggala - Karikatur dan foto di atas bisa menjadi bahan bukti kalau saya akan turun alapangan, memproklamirkan bulan menulis bagi kalangan anak dan remaja. Keraguan untuk masuk pada dunai menulis akan saya tepis dengan bahan-bahan yang cukup sederhana, tapi sebenarnya ampuh.

Siapa yang tidak mau, atau masih malu-malu untuk menulis? Hadapkan kepada saya - disaat saya mencetus bulan Juni 2014 sebagai "Bulan Menulis", disitu pula saya empersiapakan bahan untuk mendukung perihal dimaksud. Beberapa langkah sederhana akan saya gunakan, diantaranya memanfaatkan momen Piala Dunia 2014 di Brasil - kegiatan  tinggal menghitung hari.

Hari ini saya sedang menyipkan perlengkapan saya untuk bergabung dalam pekan kreasi bersama Seksi Pendidikan Agama Islam(PAIS) Kementrian Agama Kabupaten Maros. Di dalam ajang kreasi siswa sekolah umum (bukan madarsah) itu akan ditampilkan lomba bernuansa Islam. Kegiatan akan diadakan pada 5-6 Juni 2014 di aula dan pelataran Masjid Almarkaz Islami Maros.

Selebaran Prediksi Piala Dunia 2014

Saya sudah memperbanyak selebaran kertas berukuran kertas A5 hingga berbentuk kartu flashcardsebanyak 8 bagian selebaran - yang berisikan prediksi grup, bertuliskan: Pilih 2 negara juara grup. Selebaran sederhana ini sudah sepekan saya salurkan secara terbatas kepada warga Kampung Pattunuang Asue dan Dusun Balang Ajia, di Desa Samangki Kabupaten Maros. Anak- anak dan remaja kampung sangat antusias menerima selebaran yang ditempel lem itu.

Mensosialisasikan minat menulis selain lewat selebaran kertas, saya juga memesan dalam bentuk spanduk berukuran 1 x 1 meter. Pajangan ini akan dipasang di perempatan jalan ujung Kampung Pattunuang Asue. Pajangan spanduk itu akan didampingi dengan ajakan langsung mengisi prediksi juara Piala Dunia 2014. Spanduk sederhana itu akan didukung pula poster berukuran A 3, berisikan pemain andalan dan tim negara peserta Piala Dunia 2014. 4 foto kecil bisa membantu mempermudah saya melakukan jemputan lebih dekat kepada peminat Piala Dunia 2014.

Memperluas Jejaring Komunitas

Saya menyadari untuk memulai ajakan menulis dengan angka akan sangat berat dibanding dengan huruf(kata). Tapi disinilah tantangan saya untuk menampilkan angka yang punya daya "exposure". Saya juga sedang mempersiapkan diri membuka jaringan lewat ajang Makassar Writers Festival yang akan diadakan 4-7 Juni di Fort Rotterdam Makassar, Saya mendapatkan informasi dari buku Pepih Nugraha, penulis buku Citizen Jounnalism, Lily Yulianti Farid adalah seorang penggiat media sosal pertama di Makassar - ternyata adalah sebagai pembina sekaligus pemrakarsa kegiatan MWF yang sudah diadakan kesekian kali di Makassar.

Pattunuang Asue 010514




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline