Lihat ke Halaman Asli

Menyambut Hari Anak Nasional 23 Juli

Diperbarui: 18 Juni 2015   05:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pesona Menakjubkan; Irwan Thahir Manggala - Menjelang memasuki peringatan Hari Anak Nasional (23 Juli 2014), saya mengajukan beberapa tulisan di Kompasiana buat  lembaga/instansi, termasuk perorangan yang bergelut dengan dunia anak. Semoga bahan tulisan ini bisa menjadi bahan perkenalan sekaligus membuka peluang jejaring - apalagi disaat banyak pihak yang sedang gerah dengan perlakuan kekerasan dan kejahatan seksual terhadap anak. e

Saya memilih topik Piala Dunia untuk menyambut Hari Anak Nasional karena daya magnet dan aroma even terbesar sepak bola sejagad itu masih terasa dekat dan hangat. Niatan untuk melakukan pencanangan gerakan nasional anti kekerasan dan kejahatan seksual hanya banyak berkutat di area konsep dan retoris belaka. Semua pihak harus diberi ruang untuk memberi masukan sekaligus solusi untuk memperkuat sepak terjang di lapangan, khususnya dikalangan anak-anak sendiri.

Piala Dunia 2014 bisa menjadi penawar dan media untuk mendekatkan anak dengan isu yang rada sensitif. Anak-anak harus diberi arah lewat jembatan yang  penun warna; menarik, menghibur dan tidak merasa digurui. Cerita panjang Piala Dunia 2014 akan menjadi teman setia dikala senggang maupun masa sibuk masuk sekolah setelah masa libur bulan puasa. Di bawah ini saya hadirkan indeks beberapa tulisan di Kompasiana.

http://sosbud.kompasiana.com/2014/07/09/kata-anakkui-am-sorry-good-by-neymar--667301.html

Di link tulisan di atas bisa memberi gambaran betapa dalamnya kspresi anak-anak yang mengidolakan Neymar, striker Brasil. Sejak dari tampilan pertama di Piala Dunia, pria yang bergabung Barcelona itu benar-benar tampil prima. Publik menyambutnya layaknya pemain bintang sekelas Pele. Sayangnya, diperjalanan tandang pasca perempat final, pemain calon top score itu cedera.Pertandingan semi final Brasil berhadapan Belanda tanpa gol, sebelumnya melawan Jerman hanya 1 gol. Kedua perrhelatan puncak ini Neymar hanya bisa menyaksikan dari bangku cadangan. Kasihan nasib Neymar

http://olahraga.kompasiana.com/bola/2014/07/07/kompasiana-kampus--665349.html

Siapa bisa mengira kalau tulisan yang terekspos di Kompasiana itu teranggal 7 Juli. Padahal, akhirnya kostum yang saya gunakan bersama ketiga anak saya - ternyata Jermanlah pemenangnya. Ini menjadi tantangan buat saya untuk membuktikan kalau ada permintaan argumen dengan pilihan menjagokan Jerman. Permainan hebat Jerman bisa mematahkan Brasil  7-1, kemudian mengandaskan Argentina 1-0.

Pattunuang Asue: 180714




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline