Lihat ke Halaman Asli

Шахматы, Checkmate, Skakmat

Diperbarui: 24 Juni 2015   07:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humor. Sumber ilustrasi: PEXELS/Gratisography

Tos, salute, froze, cheers. adalah kata-kata sederhana namun memiliki kekuatan empati yang sangat dalam,  kita bisa melalukannya hanya dengan sebotol aqua, atau pun secangkir teh.


Шахматы (shahmati) artinya catur.mungkin Skakmat itu sendiri berasal dari kata шахматы.
Aturan main dalam tata bahasa Russia tidak jauh beda seperti aturan dalam bermain catur. Seperti kita tau, aturan untuk menggerakan Kuda harus berpola huruf L , peluncur menyerong, pion hanya boleh 1 langkah maju dan 1 langkah serong. Analogi catur dalam tata bahasa russia bisa dilihat sebagai berikut: kata kerja "pergi" (идти, еду , ездить, ехать, ) jika anda bepergian dengan dengan berjalan kaki kata kerja yg di pakai berbeda dengan kata kerja jika anda bepergian dengan menggunakan kendaraan. Begitu juga jika anda bepergian bolak balik kata kerjanya akan berbeda dengan jika anda bepergian hanya untuk sekali jalan, belum lagi aturan yang pergi berapa orang, jenis kelaminnya apa, waktunya kapan, bakalan pergi atau masih rencana aja. Dsb dsb dsb. Semua terbagi dalam perfective dan impervective, future, past, dan imperative. Kalau tidak salah total perubahan dari 1 kata kerja berjumlah sekitar lebih dari 32 kata.

Sementara dalam bahasa inggris. bagaimanapun cara kita bepergian dengan siapa, naik apa, kapan. kata kerja yang digunakan hanya satu yaitu "go".

Salah satu keunikan lain dari negara Шахматы adalah ketika menjawab atau menanyakan kabar. orang russia lebih suka menjawab dengan kalimat все нормально. Artinya semua normal. sepertinya mereka tidak suka sesuatu yang berlebihan. Mereka lebih suka situasi dimana semua berjalan sesuai dengan semestinya. Layaknya sebuah panel instrumen kapal selam atau pesawat terbang semua indikator harus berjalan dalam keadaan yang normal normal saja.

otak mereka akhirnya terbiasa dengan semua kerumitan aturan tata bahasa yg gila ini, mungkin itu yang membuat mereka dapat dengan mudah menghadapi  hal hal su seperti, musim dingin yang panjang, terbang ke bulan, mencari cadangan minyak, membuat pesawat/kapal, spionase, berbagai karya sastra yg memenangkan nobel, strategi perang, dan sebagainya. Bisa dikatakan russia ini penuh dengan para pemikir hebat.

Namun ternyata Aplikasi dari rumus kerumitan tata bahasa yang gila ini, tidak menyumbang begitu banyak untuk urusan ide ataupun mahakarya.
Para seniman, ilmuan, pekerja toko, dosen, mahasiswa mengimbangi Semua kerumitan itu dengan cara yang paling sederhana dan penuh dengan kerendahan hati Yaitu mengangkat gelas mereka  kemudian dibenturkan satu sama lain. Benturan dari gelas-gelas itulah yang kemudian mewakili suasana untuk mulai saling bercerita, tertawa, atau bahkan mengatakan saya cinta padamu.

Bukan kenikmatan rasa di lidah atau tenggorokan yang diharapkan, akan tetapi lebih kepada kenikmatan sebuah momentum yang dapat mengukir memori, mencari inspirasi atau cuma sekedar bercanda dengan angan-angan.

Ternyata peristiwa budaya seperti ini pun juga terjadi di belahan dunia yang lain. Manado dengan cap tikusnya,  Medan dengan tuaknya, di solo dengan dawet nya, di scotlandia dengan scotish brandy-nya, di amerika dengan whiskeynya, italia dengan esspresso ataupun vermoth nya, Jazirah arab dengan teh masala-nya , Di starbucks dengan regular customernya yang rela duduk ber jam-jam untuk satu cup kopi , di Kopitiam bangka dengan  ncek-ncek dan ncik ncik. Hingga di warkop terpencil di daerah tengger di pegunungan dieng dengan teh melati ataupun kopi tubruknya.

Dalam budaya popular juga terjadi hal demikian , seperti yang di tampilkan lewat berbagai film, seperti film kisah nyata Band of Brothers,  whiskey VAT 69 yang diramu khusus oleh kolonel sanderson di Skotlandia, dinikmati penuh kegembiraan oleh para serdadu sekutu ketika perang dunia kedua setelah mereka seharian penuh menggendong senapan serbu MG42.

kemudian di beberapa film kungfu jackie chan, yang secara tidak langsung mewakili budaya china juga menampilkan jurus mabuk shaolin yang hanya bisa dipraktekan setelah meminum satu kendi arak.

Dan yang paling hebat dalam  film "flight" produksi tahun 2012 yang dibintangi oleh Denzel washington, Bagaimana peran alkohol ikut berperan terhadap sang pilot untuk mendaratkan pesawat setelah terjadi turbulence hebat di udara, namun apa yang terjadi sang pilot tetap terkena tuntutan hukum berat meskipun dia sudah melakukan tindakan yang sangat heroik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline