Lihat ke Halaman Asli

WATIRAH

Jakarta

Mengenalkan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Sehari-hari kepada Masyarakat Daerah

Diperbarui: 15 Juli 2021   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa adalah alat komunikasi yang sangat penting keberadaanya. Setiap manusia tentunya membutuhkan alat komunikasi yang berupa bahasa guna sebagai interaksi dan alat bertutur dalam kehidupan bermasyarakat. Kehadiran bahasa ditengah-tengah masyarakat sangat berguna sebagai alat penghubung antar anggota masyarakat.

Seiring perkembangan jaman, hendaklah kita sebagai masyarakat yang menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi selalu bangga dengan bahasa yang sudah kita punya dan menjadi ciri khas bangsa kita. Adanya era globalisasi bukan menjadi hambatan untuk mencintai bahasanya sendiri sebab bahasa Indonesia sudah menjadi bagian dari hidup kita seperti bahasa Indonesia merupakan alat pemersatu bangsa atau bahasa Nasional, bahasa Indonesia merupakan jati diri kita atau ciri khas sebagai bangsa Indonesia.

Kehadiran bahasa ditengah masyarakat yang semakin maju ini berfungsi sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat, karena tidak akan pernah mungkin kita dapat berkomunikasi tanpa bahasa. Bahasa sebagai alat komunikasi dapat dipergunakan masyarakat tutur untuk menyampaikan pesan, informasi, maksud atau amanat kepada orang lain, baik itu dengan menggunakan saluran lisan atau tertulis, langsung, maupun tak langsung.

Sekarang ini bahasa Indonesia sudah mulai digunakan sebagai bahasa sehari-hari baik bagi masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Seperti yang terjadi di Banjarnegara kota kelahiran saya, sebagian masyarakat di Banjarnegara sekarang sudah mulai menggunakan bahasa Indonesia sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain disekitar lingkungan tempat tinggalnya. Sudah tidak jarang kita temukan masyarakat kota maupun desa di daerah Banjarnegara  menggunakan bahasa Indonesia untuk bertutur antar sesama yang notabene mereka tinggal di kawasan yang manggunakan bahasa daerah yaitu bahasa jawa.

Yuk teman-teman mari kita mengenalkan bahasa indonesia sebagai bahasa sehari-hari  kepada masyarakat daerah tanpa melupakan bahasa daerah asal kita dilahirkan . 

WATIRAH 

S1 AKUNTANSI 

UNIVERSITAS PAMULANG

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline