Lihat ke Halaman Asli

Eksplorasi Konsep Modul 2.1.a.4.2 Membuat Diagram Frayer

Diperbarui: 22 Oktober 2023   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Salam dan bahagia guru-guru hebat seluruh Indonesia. Kali ini saya membuat Diagram Frayer, Eksplorasi Konsep - Modul 2.1. Karena ini adalah bagian akhir dari eksplorasi konsep sebelum  masuk ke alur belajar berikutnya, maka setelah sesi pembelajaran ini selesai, CGP akan diminta untuk menyimpulkan pemahaman  tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer. 

Diagram Frayer adalah pengatur grafis untuk membantu membangun pemahaman atas kosakata atau terminologi tertentu. Teknik ini menuntut seseorang untuk mendefinisikan kosakata atau terminologi yang menjadi target dan menerapkan pemahamannya dengan mengidentifikasi apa yang merupakan contoh dan bukan contoh, memberi ciri, dan/atau mendeskripsikan arti kata tersebut. Informasi ini ditempatkan pada bagan yang dibagi menjadi empat bagian untuk memberikan representasi visual.

Diagram ini dinamakan sebagai diagram Frayer karena dikembangkan pertama kali oleh Dorothy Frayer, seorang educational psychologist.

Buatlah diagram frayer tentang Pembelajaran Berdiferensiasi di atas. Jelaskanlah:

  • Apa definisi pembelajaran berdiferensiasi?
  • Apa saja ciri-ciri/karakteristik pembelajaran berdiferensiasi?
  • Contoh-contoh pembelajaran berdiferensiasi?
  • Yang bukan merupakan contoh pembelajaran berdiferensiasi

Contoh hasil Diagram Frayer: 

Diagram Frayer

Demikian contoh diagram frayer tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Semoga Bermanfaat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline