Lihat ke Halaman Asli

Progresivisme dalam Pendidikan dan Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 14 Juni 2021   17:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengetahui Progresivisme dalam Pendidikan dan Tokoh-tokohnya (unsplash/inaki del olmo)

Assalamualaikum teman-teman.

Dipertemuan ke sembilan ini saya akan membahas tentang pengertian filsafat pendidikan progresivisme dan tokoh-tokoh pemikir filsafat progresivisme.

Apasih progresivisme itu?

Progresivisme merupakan suatu aliran filsafat pendidikan modern, yang barasal dari kata progres yang memiliki arti kemajuan atau bergerak untuk maju. Progresivisme selalu dikaitkan dengan kata progres karena progresivisme merupakan salah satu aliran yang dapat menghendaki suatu kemajuan yang akan membawa pada suatu perubahan ke arah yang lebih baik.

Aliran progresivisme memandang segala sesuatu itu kedepan, dimana progresivisme ini mengakui dan berusaha untuk mengembangkan asas progresivisme kedalam kenyataan hidup, agar manusia bisa menjalani hidup (tantangan hidup) dalam keadaan yang lebih maju.

Baca juga : Memaknai Filsafat Pendidikan pada Aliran Filsafat Progresivisme untuk Menuju ke Arah Positif

Dalam pandangan pendidikan, progresivisme merupakan suatu sarana untuk mengembangkan kemampuan berpengetahuan para peserta didik supaya memiliki pengetahuan untuk kehidupan yang lebih maju, yang mana peserta didik diajarkan cara berpikir secara kritis guna untuk memecahkan suatu permasalahan.

Progresivisme dalam pandangan pendidikan:

1. Tujuan pendidikan
Maksud dari progresivisme ini bertujuan untuk memberikan banyak pengalaman pada peserta didik dalam upaya dapat memecahkan masalah baru yang dihadapi dalam kehidupan pribadinya maupun kehidupan sosialnya.

2. Belajar dalam pandangan progresivisme
Progsivisme memandang bahwa belajar adalah suatu proses yang berpijak pada akal manusia yang bersifat kreatif dan dinamis sebagai potensi yang ada pada diri manusia.

Baca juga : Pendapat Progresivisme dalam Pendidikan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline