Lihat ke Halaman Asli

Agenda Mooncake Festival di Waroeng Semawis, Pecinan Semarang

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mooncake Festival akan digelar akhir pekan ini (tanggal 12-14 September 2014) di Waroeng Semawis, Jalan Gang Warung, kawasan Pecinan, Semarang. Acara yang dibesut oleh Waroeng Semawis ini akan dimeriahkan oleh parade barongsai, wushu, parade tukar kue, Chinese Costume, dan karaoke Mandarin. Mooncake Festival yang disebut juga sebagai Mid-Autumn Festival ini sendiri merupakan tradisi masyarakat Tionghoa untuk membuat kue bulan yang dirayakan pada bulan ke-8 tanggal 15 Imlek.

Hari pertama, Jumat tanggal 12 September 2014 akan diselenggarakan parade Chinese Costume yang dibuka dengan arak-arakan enam barongsai, dengan kelompok barongsai Semarang dan Barongsai Satya Budi Dharma akan beraksi keliling dari ujung Gang Beteng melintasi Wotgandul Timur menuju Gang Warung. Sementara parade Chinese Costume baru pertama kali ini diadakan di Pecinan, dan hingga saat ini sudah ada beberapa komunitas yang mendaftarkan diri, beberapa di antaranya adalah komunitas Haka, Fu Qing, dan Makin. Peserta parade sendiri adalah mereka yang berusia antara 15 sampai 28 tahun.

Pendaftaran parade Chinese Costume telah dibuka semenjak hari ini (10 September) hingga hari pelaksanaan di Sekretariat Waroeng Semawis, Jl. Gang Warung no. 50, kawasan Pecinan, Semarang, dimana akan ditentukan 1 (satu) orang pemenang yang akan diangkat sebagai Duta Wisata Pecinan jika pemenangnya adalah laki-laki, atau sebagai Putri Bulan apabila pemenangnya perempuan, dan Duta Wisata ini sekaligus sebagai persiapan wisata Pecinan dan Pasar Imlek. Sementara untuk kriteria duta wisata yang diharapkan adalah kostum yang bagus serta komunikatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline