Lihat ke Halaman Asli

[RTC] Di Bekas Negara Kesatuan Republik Indonesia

Diperbarui: 29 Januari 2019   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Apa benar ini dulunya adalah salah satu wilayah negara Indonesia?" tanyaku pada sekelompok anak muda yang saat ini tengah berada di depanku.

"Kata orang-orang tua kami dulunya memang ini adalah bekas wilayah dari suatu negara besar yang bernama Indonesia. Tapi saat ini negara besar itu sudah tidak ada lagi. Menurut para tetua kami, dulunya perang antar suku dan golongan yang pada awalnya mulanya berawal dari media sosial lambat laun telah menimbulkan bibit-bibit kebencian di dunia nyata.

Perang besar yang terjadi pada waktu itu telah menghancurkan negara besar yang bernama Indonesia itu menjadi beberapa negara bagian.

Dan masih menurut para tetua kami, ternyata bibit-bibit kebencian yang semula berawal dari media sosial itu tidak cukup hanya membuat negara besar itu terpecah menjadi beberapa bagian saja.

Pertikaian antar golongan yang masih belum terselesaikan masih meninggalkan konflik berkepanjangan hingga saat ini. Mereka yang dulunya, kata para orang tua kami, adalah saudara sebangsa dan setanah air kami itu saat ini masih terus memerangi kami.

Saat ini kami berada dalam dua pilihan, terus berperang untuk mempertahankan sisa-sisa peradaban kelompok Suku, Agama, Ras dan dan Golongan (SARA) kami ini, atau kami semua akan dibinasakan oleh orang-orang luar yang bukan berasal dari kelompok Suku, Agama, Ras dan Golongan kami ini."

Aku terdiam mendengarkan penjelasan salah seorang anak muda di depanku ini. Padahal aku ingat betul bahwa pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin yang diusung oleh Partai PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Hanura. Partai PKPI, Partai PSI dan Partai Perindo, baru akan melangsungkan debat Capres pada 17 Januari 2019 ini melawan pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang diusung oleh Partai Gerindra, Partai PKS, Partai PAN, Partai Demokrat dan Partai Berkarya.

"Kakek dari mana?" tanya salah seorang anak muda menggunakan bahasa daerah yang cukup kumengerti.

"Kakek?" aku terkejut mendengar ucapan salah seorang anak muda yang kulihat sepertinya usianya saat ini tidak terlalu jauh di bawahku. Tidak ingin berlama-lama dalam situasi yang serba membingungkan ini, aku kembali bertanya sebelum menjawab pertanyaannya barusan.

"Sekarang tahun berapa?" tanyaku pada anak muda yang memanggilku kakek barusan. Mataku berkeliling menatap wajah mereka satu persatu.

"Sekarang tahun 2050," jawabnya sedikit heran dengan pertanyaanku barusan. Aku kaget mendengar jawaban anak muda di depanku ini. Dan seperti tidak percaya aku melihat ke salah satu anak muda di sampingnya. Dia mengganggukan kepala tanda membenarkan ucapan temannya barusan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline