Lihat ke Halaman Asli

Warisma Riski N

@warismariski_

Manfaat Administrasi dalam Pendidikan

Diperbarui: 21 November 2018   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://mbscenter.or.id/site/page/id/357/page_action/viewdetail

Kamis (18/11/2018) beberapa hari yang lalu, diberitakan adanya wali murid dari salah satu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bandung menanyakan apa manfaat adanya KIP jika mereka masih diwajibkan membayar administrasi di sekolahan. http://jabarekspres.com/2018/siswa-pemegang-kip-masih-dibebani-adminitrasi-sekolah/. Administrasi yang seperti apa yang membuat para wali murid hingga keberatan dalam permasalah tersebut?

Keterkaitan dari sebuah lembaga dengan administrasi sangat tidak mungkin untuk dipisahkan. Dalam pemaknaan kata administrasi ada dua makna yaitu makna sempit dan makna luas. Namun, kebanyakan masyarakat lebih sering memaknai kata administrasi dalam makna sempit. Seperti halnya dengan permasalahan dalam berita di atas.

Kata administrasi jika diartikan makna sempit yaitu pendataan, pendanaan atau lainnya yang berkaitan dengan finansial.  Salah satu contoh persoalan pemaknaan kata administrasi dalam makna sempit. Pemaknaan ini sudah dianggap hal yang biasa oleh dominan masyarakat.

Sedangkan makna administrasi dengan pengertian luas yaitu sertiap penyusunan keterangan-keterangan secara sistematis dan pencatatannya secara tertulis dengan maksud untuk memperoleh suatu ikhtisar mengenai keterangan-keterangan keseluruhannya dan dalam hubungannya antara satu sama lain.

Lebih singkatnya pemaknaan administrasi secara luas yaitu keselurahan proses kerja sama antara dua orang atau lebih yang didasarkan asas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Bentuk kerja dari sebuah administrasi sendiri banyak sekali. Meliputi perencanaan, pengendalian pengorganisasian pekerjaan, serta penyelenggaraan sebuah kegiatan untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati. Oleh karena itu, sebuah lembaga yang dimana di dalamnya terdapat beberapa orang yang bersekutu untuk mensukseskan sebuah tujuan yang sama tidak memungkinkan tidak  adanya  bagian administrasi dalam pengelolaannya.

Manfaat dari administrasi sendiri adalah:

  • Planning, adalah cara untuk menyusun cara-cara atau program kerja yang akan dilakukan selama jangka waktu tertentu. Dengan adanya pembuatan perencaan untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati.
  • Organizing, adalah kegiatan mengelompokkan. Dimulai dengan pencarian data atau kemampuan. Dengan begitu setiap kelompok akan mendapatkan pelayanan yang berbeda beda tergantung dengan kemampuan.
  • Staffing, adalah tindak lanjut setelah adanya pengelompokan. Setelah adanya kelompok maka akan ada pelatihan, pengarahan dan adanya pengembangan dari setiap sumber daya manusia.
  • Motivating, adalah kegiatan yang bertujuan untukmeningkatkan semangat siswa agar lebih fokus dalam tujuan yang hendak dicapai.
  • Controling, adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan secara rutin oleh guru. Dengan begitu perkembangan setiap individu lebih terpantau. Jika adanya kendala maka akan cepat terdeteksi, dan dapat segera diatasi.

Melihat dari adanya manfaat dari administrasi sendiri tidak perlu adanya rasa keberatan dari pihak wali murid karena cukup membantu dalam proses pembelajaran. Mungkin, masalah perihal administrasi dari pihak sendiri masih kurang adanya sosialisasi. Sehingga membuat dua belah pihak yang seharusnya saling mendukung dalam kesuksesan proses pembelajaran tidak seharusnya saling bersiteru.

Jadi, bukan hanya peran orang tua dan guru saja untuk mensukseskan proses pembelajaran melainkan administrasi yang bagus dan baik diperlukan pula dalam sebuah lembaga pembelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline