Lihat ke Halaman Asli

Kseniya Simonova : Melukis Sejarah Ukraina di Atas Kaca

Diperbarui: 26 Juni 2015   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

[caption id="attachment_66784" align="alignleft" width="300" caption="Ksenia Simonova, pemenang Ukraine Got Talent (foto: www.guardian.co,uk)"][/caption] Perempuan cantik 24 tahun ini ayak jika disebut senimand engan bakat luar biasa. Ia tidak melukis di atas kertas atau kanvas, ia melukis di atas kaca. Ia tidak menggunakan cat atau pensil, ia menggunakan pasir. Ia tidak sekadar melukis, ia melukis sejarah.

Di tangannya yang lentik, hanya dalam hitungan menit, taburan-taburan pasir dan tarian jemarinya mampu menggambarkan perang dunia yang memilukan. Bagaimana kebahagiaan kehidupan direnggut oleh mesin perang. Mungkin gambaran saya akan mengurangi betapa luar biasanya dia.

Tentunya karyanya tidak bsia dibingkai dan digantung di ruang tamu rumah kita. Mungkin tidak banyak kurator yang akan membahas lukisannya. Namun tidak bsia disangkal jika dia telah mengirmkan pesan kepada dunia. Pesan damai dalam lukisan yang melelhkan air mata.

Sebagai pemenang dari Ukraine Got Talent, ia berhak atas hadiah £80.000,-. Sebuah angka yang sangat besar, yang menurut saya layak diberikan kepada bakat yang luar biasa tersebut. Satu hal yang pasti, ia berkarya dengan jujur. Ia mengirimkan pesan kepada dunia bahwa sebagian besar penduduk Ukraina hilang karena perang. Banyak perempuan menjadi janda. Banyak anak-anak kehilangan orangtua.

Teman, Kseniya Simonova telah mengirim sebuah pesan untuk menghargai perdamaian. Sebuah pesan dari cerita sejarah, yang ia lukis dengan pasir, di atas kaca. Berikut ini salah satu klipnya. Anda bisa mencarinya yang lain. Bahkan Anda bisa menambahkan data-data yang lebih lengkap lagi di sini.

Sumber:

www.youtube.com

www. Guardian.co.uk




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline