Lihat ke Halaman Asli

Ruang Lingkup Public Relations

Diperbarui: 7 Oktober 2023   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ruang Lingkup Public Relations

Public relations adalah sebuah usaha yang direncanakan secara terus menerus dan dilakukan secara sengaja untuk membangun serta mempertahankan timbal balik antara organisasi dan masyarakat.

Tujuan PR yaitu memberikan citra positif kepada publik terkait informasi organisasi. Pencapaian dari tujuan public relations ini tidak mudah, kesalahan dalam hal ini memberikan dampak negatif bagi organisasi. PR juga mempunyai tujuan untuk memajukan nama baik organisasi dalam dunia persaingan.

Ruang lingkup PR sendiri terbagi menjadi dua, yaitu eksternal public relations dan internal public relations. Kedua public ini biasanya dikenal dengan sebutan Stakeholder.

Ruang lingkup tugas PR dalam sebuah organisasi ataupun lembaga yaitu meliputi aktivitas :

a.  Membina Hubungan ke Dalam (Public internal)

b.  Membina Hubungan ke Luar ( Public Eksternal)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline