Lihat ke Halaman Asli

Sahro Wardil Lathif

Berisi tulisan tulisan kegelisahan batin, dan pergolakan pemikiran serta action yang bisa ku lakukan

Tips Membangkitkan Motivasi dalam Diri

Diperbarui: 25 Juli 2023   06:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sering terjadi motivasi dalam diri itu besar, dan kadang juga tidak bersemangat sama sekali. Ada sebuah buku berjudul Smart Turn Faster Better yang ditulis oleh Charles yang membahas salah satu tantangan terbesar dalam hidup, tantangan tersebut adalah memotivasi diri untuk bergerak lebih lebih maju, lebih berkembang, dan lebih baik.

Motivasi ini akan menjadi lebih mudah kita peroleh saat kita mengubah suatu tugas menjadi pilihan, dengan pilihan-pilihan kita bisa punya perasaan untuk memegang kendali, dan akan membuat segala yang kita lakukan menjadi lebih mudah.

Misalnya ketika kita mendapatkan amanah atau tugas melakukan sesuatu yang memang itu berat, sedangkan di sisi lain kita punya tugas yang lain juga. Maka yang perlu kita camkan dalam mindset kita adalah tujuan utama kita, apa yang kita cari, mana yang lebih kita utamakan, dan apa yang nanti kita impikan di akhir. Selain itu kita juga perlu mengingat bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama denganmu, berarti kamu ini orang pilihan, maka harus dimaksimalkan

Dengan melakukan itu, kita akan lebih mudah mengawali melakukan sesuatu yang menjadi tugas atau pekerjaan kita.

Motivasi dipicu oleh pengambilan keputusan yang menunjukkan kepada diri sendiri bahwa kita memegang kendali, dan bahwa kita bergerak menuju tujuan-tujuan yang bermakna perasaan, determinasi diri itulah yang mendorong kita terus maju.

Di kasus-kasus yang lain juga demikian, ketika kita memikirkan apa untungnya untuk kita, itu otomatis akan menggerakkan kita lebih bersemangat menjalaninya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline