"Di hutan, Purbasari tidak sendiri. Ia dikejutkan manusia kera yang terbuang, Lutung Kasarung".
Kalau hanya menyimak dialog di atas dan memaknainya secara harfiah pasti banyak orang mengira itu adalah potongan sandiwara atau film tentang pendekar. Begitu pun saya saat pertama kali melihat videonya melalui iklan di televisi.
Mula-mula saya mengiranya sebagai iklan film kolosal karena latar hutan serta adegan-meloncat dan terbang mengesankan sebuah pertempuran. Apalagi, tokohnya Purbasari dan Lutung Kasarung berpakaian ala pendekar jaman dulu.
Namun, saat sekonyong-konyong terhidang sebotol sirup dan buah-buahan di tengah adegan saya baru mengerti ini iklan sirup. Lalu ketika pada detik ke-49 terdengar suara bedug dan kedua tokoh duduk berhadapan menikmati es buah diiringi teks narasi "paling nikmat saat berbuka, Marjan", saya segera tersenyum. Ini bukan hanya iklan sirup. Ini Ramadan.
Seperti pernah saya uraikan sebelumnya di Kompasiana melalui artikel "Masihkah Sirup Terasa Manis pada Ramadan Kali Ini?", bahwa sirup memiliki asosiasi yang sangat kental dengan Ramadan dan lebaran. Sirup dan Ramadan merupakan pasangan yang manis. Dan kemunculan iklan sirup di layar televisi secara berulang-ulang pada jeda tayangan berita, sinetron dan acara-acara lainnya menjadi penanda sekaligus pengiring puasa sampai lebaran.
Banyak sebenarnya iklan produk yang bisa diasosiasikan dengan suasana Ramadan dan Idulfitri di Indonesia. Sejak dulu saat masih kecil kita pasti tahu iklan sarung dan biskuit.
Banyak pula produk yang sebenarnya tidak terlalu dekat asosiasinya dengan Ramadan, tapi memiliki varian iklan dengan versi yang lebih "islami". Sebut saja mie instan, obat maag, teh botol, dan susu. Bahkan ada provider seluler dan rokok yang juga ikut membuat iklan versi Ramadan.
Begitulah Ramadan di Indonesia. Suka cita masyarakat menjalankan puasa mendorong fenomena pencitraan berbagai produk yang dipoles melalui iklan islami. Jauh hari sebelum Ramadan tiba sampai seterusnya Idulfitri dirayakan, agama dan ibadah menjadi tema utama iklan-iklan di televisi.
Iklan sirup bagi saya berada di urutan terdepan dalam hal mencitrakan ibadah puasa. Kesan yang ditimbulkan oleh iklan sirup begitu awet. Sekali melihatnya orang tidak akan mudah lupa, bahkan bisa ketagihan dan penasaran menantikan kelanjutannya. Iklan sirup Marjan di atas jadi salah contoh.
Iklan tersebut dibuat bersambung dalam beberapa episode. Masing-masing episode memiliki benang merah Ramadan. Kesan islaminya ditonjolkan antara lain melalui narasi atau teks iklan. Misalnya: "paling nikmat saat berbuka", "inilah kisah merayakan kebaikan", dan "paling meriah saat lebaran".