Lihat ke Halaman Asli

Hendra Wardhana

TERVERIFIKASI

soulmateKAHITNA

Ada “Kode” Pemenang Pilpres di Karya Yovie Widianto “Mantan Terindah”

Diperbarui: 18 Juni 2015   08:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14040831461086793247

Ada hal menarik dari debat Cawapres yang digelar Minggu malam (29/6/2014). Beberapa kali kamera TVmenangkap sosok pria berwajah kalem berkemeja putih lengkap dengan co-card tanda pengenal. Ia duduk tepat di belakang Capres Joko Widodo yang malam itu juga datang menyaksikan debat pasangannya, Jusuf Kalla. Sosok pria itu adalah musisi sekaligus cendekiawan musik Yovie Widianto.

[caption id="attachment_313258" align="aligncenter" width="628" caption="Yovie Widianto, musisi yang dikenal produktif melahirkan musik dan lagu-lagu berkualitas. Ia juga kerap disebut sebagai salah satu cendekiawan musik Indonesia"][/caption]

Ada apa gerangan Yovie Widianto hadir dalam debat tersebut?. Rupanya leader sekaligus pendiri grup musik KAHITNA tersebut telah melabuhkan pilihan kepada pasangan Jokowi-JK.

Kabar dukungan Yovie Widianto kepada pasangan nomor urut 2 sebenarnya sudah muncul di twitter beberapa jam sebelum debat Cawapres dimulai. Salah satunya dari akun@ShafiqPontoh yang berkicau :“Ada good news lagi Yovie nya Kahitna akan deklarasi dukung Jokowi-JK di Darmawangsa Hotel jam 17.30 terus mereka lsg pergi dampingi JK debat”.

Tak berapa lama akun twitter pihak manajemen KAHITNA menayangkan foto path yang menunjukkan Yovie Widianto tengah berada dalam ruangan bersama Jusuf Kalla. Dalam foto tersebutmereka tampak berdoa bersama menjelang debat. Sementara itu akun twitter lainnya juga mengunggah fototayangan televisi di mana Yovie Widianto terlihat duduk di belakang pasangan Jokowi-JK.

Yovie Widianto rupanya terkesan pada gagasan serta pandangan Jokowi-JK yang memberikan perhatian kepada pengembangan kebudayaan dan ekonomi kreatif. Seperti diberitakan oleh berisatu di sini, Yovie menilai Jokowi-JK membawa harapan bagi seniman dan pelaku industri kreatif untuk mengembangkan budaya Indonesia agar semakin dikenal oleh dunia.

Sebagai seorang musisi Yovie memang tak hanya mahir mencipta lagu. Ia juga memiliki perhatian tinggi terhadap budaya Indonesia. Sebagai seorang lulusan perguruan tinggi jurusan Hubungan Internasional Yovie juga fasih berbicara mengenai pendidikan. Mereka yang sering menyaksikan konser KAHITNA mungkintak asing dengan pandangan Yovie Widianto. Di jeda antar lagu Yovie kerap menyampaikan pernyataan mengenai harapannya terhadap budaya dan pendidikan di Indonesia. Kalimat yang sering terdengar darinya di atas panggung adalah : “Banyak komentator sepak bola hebat, banyak politikus yang pandai bicara. Pandai bicara itu penting, tapi alangkah baiknya jika tidak hanya berbicara karena sejatinya berjuang bukan hanya bersuara”.

Dukungan Yovie Widianto kepada pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla menambah daftar artis dan seniman Indonesia yang mendukung pasangan nomor 2 tersebut. Sebelumnya diketahui beberapa nama besar di panggung seni tanah air memberikan dukungannya kepada Jokowi-JK, sebuat saja Glenn Fredly, Tompi, Erwin Gutawa, Addie MS, Slank, Oppie Andaresta, Butet Kertaradjasa dan masih banyak lagi.

[caption id="attachment_313259" align="aligncenter" width="550" caption="Yovie Widianto (berdasi kupu-kupu, ketiga dari kiri) sesaat sebelum tampil bersama KAHITNA di Konser 28 Tahun KAHITNA Sepanjang Usia di Surabaya (24/6/2014)"]

1404083316972780644

[/caption]

Pilihan Yovie kepada pasangan Jokowi-JK tampaknya bukanlah sesuatu yang tiba-tiba. Sebuah video sudah lebih dulu beredar di youtube menayangkan aksi flashmob dengan latar lagu yang digubah dari karya ciptaan Yovie. yang pernah menjadi lagu resmi Sea Games beberapa saat lalu. Dengan sedikitpergantian lirik, syair lagu tersebut menjadi terdengar sangat pas untuk pasangan Jokowi-JK . Diunggah 17 Juni 2014 video tersebut mendapat komentar positif dari pemirsa. Berikut ini penggalan syairnya:

“Aku di sini kau di sana

Tak menghalangi jiwa kita

Di bawah sinar mentari

Satukan jiwa dan hati

Perbedaan hal yang biasa

Persatuanlah yang terhebat

Bersama kita akan menjadi kuat

Tunjukkan Indonesia Hebat

Jokowi-JK! Kita pasti bisa

Kita akan raih bintang-bintang

Jokowi-JK! Jadi yang terdepan

Bersatu bersama dalam satu irama

Terbang meraih kejayaan”

Meskipun demikian ada karya Yovie Widianto lainnya yang jauh lebih menggelitik dibanding “Jokowi-JK Kita Bisa”. Lagu berjudul Mantan Terindah yang dibawakan KAHITNA tahun 2010 tampaknya memiliki visi jauh ke depan. Ditulis jauh sebelum pilpres, Mantan Terindah memuat lirik yang menjadi semacam “kode” mengenai pemenang Pilpres 2014. Lirik tersebut akhirnya berkesesuain dengan pilihan Yovie Widianto saat ini. Perhatikan penggalan lirik yang juga salah satu bagian paling mengena dari lagu Mantan Terindah berikut:

“mau dikatakan apalagi KITA TAK AKAN PERNAH SATU, engkau di sana aku di sini…”

Kebetulan yang manis lirik tersebut memuat kata KITA yang menjadi salah satu jargon Jokowi-JK. Berikutnya frasa “Tak Akan Pernah Satu” yang dengan demikian berarti “Dua” menandakan nomor urut Jokowi-JK yakni Nomor 2.

[caption id="attachment_313260" align="aligncenter" width="483" caption="Yovie Widianto (tengah) duduk di belakang pasangan Jokowi-JK pada debat cawapres yang digelar Minggu (29/6/2014) (twitter.com)."]

1404083430347567464

[/caption]

Meski bertema cinta perih, lagu Mantan Terindah tampaknya telah meramal pemimpin Indonesia ke depan: KITA dan Nomor 2. Tapi semua baru akan terjawab 9 Juli nanti.

“Mau dikatakan apalagi, kita tak akan pernah satu…”




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline