Lihat ke Halaman Asli

Anatomi Otak Berpengaruh Pada Kehidupan Sehari-hari Manusia

Diperbarui: 14 Maret 2022   01:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenal Bagian-Bagian Utama Otak (alodokter.com)

Anatomi otak merupakan salah satu organ utama tubuh manusia, sistem kehidupan pikiran ini adalah salah satu fokus sistem sensorik untuk mengontrol perkembangan, perilaku, kapasitas tubuh dan mempertajam perasaan, pernapasan, sensasi, nafsu makan, suhu dan memori dan perkembangan mesin. Cerebrum terdiri dari organisasi neuron pendukung yang menyalurkan ke string tulang belakang. Selain tulang belakang, pikiran juga merupakan salah satu komunitas kontrol sistem sensorik pada manusia.

Otak  adalah organ yang sangat diperlukan dan kompleks yang dilindungi oleh tengkorak dan selaput otak. Organ ini terdiri dari berbagai jaringan dan miliaran sel saraf pendukung dan berhubungan dengan garis tulang belakang. Seiring dengan garis tulang belakang dan saraf, otak adalah ruang perang dan sistem sensorik manusia.

Sebagai fitur dari sistem sensorik, pikiran memiliki banyak kapasitas yang signifikan. Organ ini mengontrol semua yang terjadi dalam tubuh, seperti ide, ingatan, wacana, perasaan, penglihatan, pendengaran, perkembangan lengan dan kaki, dan elemen-elemen berbagai organ dalam tubuh, termasuk denyut nadi dan relaksasi.

Beberapa saraf di pikiran langsung menuju ke bagian tubuh tertentu, seperti mata, telinga, dan bagian kepala lainnya. Namun, beberapa saraf yang berbeda terkait dengan bagian tubuh yang berbeda melalui tali tulang belakang untuk mengontrol karakter, mendeteksi, dan proses fisik lainnya, seperti bernapas hingga berjalan. Otak terdiri dari 3 bagian utama yaitu, otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), serta batang otak. Bagian-bagian ini saling bekerja sama dalam menjalankan sistem tubuh. Namun, ketiganya memiliki fungsi spesifik yang berbeda-beda. Berikut ini akan ada penjelasan mengenai bagian-bagian utama otak.

A. Otak Besar (Cerebrum)

Otak besar (Cerebrum/serebrum) adalah bagian terbesar dalam struktur kehidupan pikiran manusia. Otak besar berfungsi untuk mengatur perkembangan dan koordinasi perkembangan, kontak, penglihatan, pendengaran, penilaian, berpikir, berpikir kritis, perasaan, dan pembelajaran.

Otak besar terdiri dari dua bagian dunia, khususnya otak kanan dan otak kiri. Bagian kanan dari bola otak besar memiliki kapasitas untuk mengontrol perkembangan di bagian kiri tubuh, sedangkan pikiran kiri mengatur perkembangan di bagian kanan tubuh.

Bagian kanan dan kiri dipisahkan oleh alur yang disebut dengan fisura longitudinal. Kedua sisi otak ini disatukan di bagian bawah oleh korpus kalosum yang berfungsi untuk mengirim pesan dimulai dengan satu bagian dari otak besar kemudian ke yang bagian lainnya. Adapun permukaan otak besar memiliki tampilan lipatan khas yang biasa disebut cerebral cortex atau korteks serebral.

Korteks serebral adalah lapisan tipis eksternal materi redup yang membungkus pikiran, dengan ketebalan 2-3 mm. Lipatan atau tonjolan berkerut yang menyusunnya disebut gyri, sedangkan lubang di antaranya disebut sulkus. Setiap belahan otak dunia dan korteks serebral, baik kanan maupun kiri, terdiri dari empat bagian yang disebut proyeksi otak besar. Empat lipatan serebrum adalah:

  • Lobus Frontal
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline