A. Pengertian Evaluasi Pembelajaran akidah akhlak
Pendidikan memberikan perubahan pada setiap individu dengan memberikan arahan dan pengertian kepada mereka, sehingga dapat membantu peserta didik memiliki dan meningkatkan lagi potensi yang mereka miliki. Dalam dunia pendidikan pastilah akan ada banyak hal yang harus dilakukan dengan harapan yaitu untuk mendapatkan atau meraih tujuan dari suatu kegiatan pembelajaran.
Salah satunya ialah dengan melakukan kegiatan evaluasi, kegiatan ini sangatlah memberikan pengaruh terhadap kegiatan pembelajaran yang mana akan sangat dibutuhkan untuk melihat sebuah peningkatan kompetensi yang dimiliki oleh setiap individu.
Evaluasi ialah bagian dari komponen dari sistem pendidikan yang dilaksanakan dengan sistematis serta terencana sebagai perlengkapan dalam mengukur kesuksesan atau tujuan yang akan dicapai dalam proses pendidikan dan pembelajaran. Evaluasi pada dasarrnya adalah memberikan pertimbangan atau nilai berdasarkan kriteria atau ketentuan tertentu.
Untuk mengetahui tentang seberapa jauh kemampuan atau potensi yang didapatkan melalui proses pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu kita bisa lakukan dengan kegiatan evaluasi. Oleh karena itu, evaluasi merupakan kegiatan yang penting dari proses pembelajaran yaitu meliputi kemampuan intelektual, kemampuan, sikap dan perilaku.
Pembelajaran merupakan proses pemberian bantuan atau bimbingan terhadap peserta didik dalam melakukan proses belajar. Menurut Undang-undag Republik Indonesia NomorM20 tahun 2003 tantang Sistem Pndidikan Nasional, bahwa pembelajaran adalah proses nteraksi pendidik dengan peserta didik dan sumber belajar yang berlangsung dalam suatu lingkunga belajar.
Proses pembelajaran akan berkaitan dengan interaksi yaitu bentuk interaksi antara peserta didik dengan pendidik (guru), peran pendidik juga dapat membantu peserta didik dalam memfasilitasi siswa agar dapat belajar dengan baik. Pembelajaran juga harus memiliki sebuah tujuan, dengan adanya tujuan maka pendidik memiliki pedoman dan apa yang akan dicapai dalam kegiatan mengajar. Jika tujuan pembelajaran sudah terlihat jelas, maka kegiatan dan langkah pembelajaran akan lebih sesuai dan terarah.
Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dengan tujuan untuk mengukur seberapa jauh tingkat penguasaan dan pemahaman yang dilakukan oleh anak didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan demikian pendidik melakukan penilaian terlebih dahulu terhadap proses pembelajaran tersebut, serta hasil dari penilaian pembelajar tersebut akan dievaluasi apakah sudah sesuai dengan tujuan pembelajarannya apa belom.
Dengan begitu evaluasi dapat dikatan sebagai proses dimana kita dapat menentukan sejauh mana kemampuan atau potensi serta tujuan pendidikan dapat dicapai. Dengan begitu, evaluasi pembelajaran akidah akhlak adalah kegiatan evaluasi yang dilaksanakan untuk mengetahui hasil, perkembangan, dan penguasaan peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak.
B. Fungsi Evaluasi Pembelajaran
Adapun fungsi dari evaluasi yaitu untuk mengetahui bagaimana perkembangan dan suksesnya peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran dalam jangka waktu yang ditetapkan. Secara umum, evaluasi sebagai suatu tindakan atau proses setidak-tidaknya memiliki tiga macam fungsi pokok yaitu:
1. Mengukur kemajuan
2. Penunjang penyusunan rencana dan
3. MemperbaikiMatau melakukan penyempurnaan kembali.