Lihat ke Halaman Asli

Deskripsi Impresionistis

Diperbarui: 22 Maret 2023   13:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Deskripsi Impresionistis
"SEKOLAHKU"

Sekolahku, Perguruan Islam Ar-Risalah. Pada kesempatan kali ini aku akan mendeskripsikan tentang sekolahku pada saat masih duduk dibangku SMP dan MA. Sekolahku, Perguruan Islam Ar-Risalah yang merupakan salah satu sekolah berbasis Boarding School (Sekolah Berasrama) yang berada di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Sekolah ini juga terletak di atas perbukitan yang dikelilingi oleh pohon-pohon yang hijau.

Sekolahku ini terdiri atas dua kawasan yaitu kawasan putra dan putri. Kawasan putra ini sangat luas, kawasannya terbagi atas dua bagian yaitu kawasan sekolah dan kawasan asrama. Mulai dari posisi kiri jalan masuk terdapat perumahan para guru, guest house, dan pos satpam. Lanjut terdapat masjid khusus putra yang dikelilingi oleh taman-taman, di sampingnya terdapat kantor yayasan yang meliputi bagian keuangan, sekretariat, waqaf dan lain-lain. Di depan kantor yayasan ini terdapat Gedung Olahraga (GOR). 

Nah, khusus GOR ini bisa digunakan untuk putra dan putri secara bergantian setelah mendapatkan izin dari pembina atau pun guru disana. Bersebrangan dengan GOR terdapat kawasan sekolah yang didalamnya terdapat ruangan kelas, Lapangan basket, Kantor SMP, Ruang guru, Klinik, Laboratorium, UKS, Minimarket, Catering bahkan kantin-kantin yang menjual beberapa makanan seperti nasi uduk, soto, nasi goreng, minuman dingin, gorengan dan lain-lain. Sedangkan kawasan asrama terletak di sebelah kantin sekolah.

Kawasan berikutnya ada kawasan putri yang dibatasi oleh gerbang kuning. Kawasan ini berlokasi lebih tinggi dari kawasan putra. Kawasan ini sama halnya dengan bagian putra yaitu terdiri dari dua bagian. Dari sisi masuk gerbang kuning kita menjumpai Kantin, Bank Mini, Fotocopy, Minimarket, Kantor MA, Kantor Pengasuhan Putri, Labor Bahasa, Labor Komputer, Aula, Greenhouse, Perpustakaan, Lapangan basket dan juga ruangan kelas. Kemudian terdapat gerbang hitam pemisah antara kawasan sekolah dengan kawasan asrama putri.

Asrama ini terdiri atas 6 asrama, Asrama Darul Ulya, Asrama Darul Hasanah, Asrama Darul Izzah, Asrama Darul Iffah, Asrama Darun Najah, dan Asrama Darul Mukhtar. Diantara asrama ini terdapat ruang makan yang cukup besar yang dilengkapi dengan meja-meja yang besar, TV, lukisan-lukisan, speaker, dan juga motivasi-motivasi menarik. Berjalan sedikit ke atas dari ruang makan kita menjumpai tempat laundry, tempat foto copy, toko Rabbani dan koperasi.

Kawasan putri ini juga terdapat Musholla yang sangat luas, bersih, dan rapi. Didepannya ada villa khusus guru dan rumah para pendiri yayasan. Di Atas villa ini kita juga menemukan Gazebo yang dikelilingi oleh kolam ikan dan pohon-pohon yang rindang. Nah, dari tempat Gazebo ini juga kita bisa melihat keindahan Kota Padang dan laut. Begitulah kira-kira deskripsi tentang sekolahku yang terletak di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Sekian...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline